Alumni Unhas Dorong Pembangunan ‘Flyover’ Simpang Muara Rapak Balikpapan

Berita417 Dilihat

KABARIKA.ID, BALIKPAPAN — Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady menyebut keberadaan flyover di Simpang Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang sedang dalam rencana pembangunan menjadi solusi jangka panjang, untuk mengatasi kecelakaan di Simpang Muara Rapak yang terus berulang

Sementara solusi jangka pendeknya, jelas alumni Universitas Hasanuddin ini, Kementerian PUPR sudah melakukan pelebaran jalan di turunan Muara Rapak yang sudah tuntas dikerjakan pada akhir 2022.

“Flyover ini bisa menangani persoalan di Simpang Muara Rapak,” kata Hamka saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dalam rangka meninjau penanganan infrastruktur jalan di Simpang Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (16/11/2023).

Politisi Golkar ini mendorong sinergi antara Pemkot Balikpapan, Pemprov Kaltim dan Kementerian PUPR untuk merealisasikan pembangunan flyover ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda menambahkan, rencana pembangunan fly over di Simpang Muara Rapak memang sudah cukup lama dikaji oleh Pemkot Balikpapan.

Pemprov Kaltim juga sudah melakukan review desain pembangunan fly over ini.

Namun, belakangan, pembangunan fly over di Simpang Rapak tak bisa dimasukkan dalam rencana pembangunan jangka pajang Pemprov Kaltim.

Salah satu alasannya adalah perubahan status jalan, di mana kewenangan jalan tersebut kini berpindah ke tangan Pemprov Kaltim. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *