Perluas Jejaring di China, FT Unhas Bermitra Bidang Kemaritiman dengan Shanghai Ocean University (SHU) China

Berita409 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR– Universitas Hasanuddin melalui Tim Delegasi Program P2MJKI (Peningkatan & Pengembangan Model Jejaring Kemitraan Internasional) Fakultas Teknik Unhas (FTUH) terus berupaya memperluas dan meningkatkan jejaring kemitraannya dengan berbagai universitas di China, salah satunya dengan membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan Shanghai Ocean University (SHU) China.

Dalam lawatannya ke negeri RRC (Republik Rakyat China) pekan lalu, Tim Delegasi P2MJKI FTUH yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Unhas (FTUH), Prof. M. Isran Ramli, melakukan pembicaraan bilateral ditingkat dekanat fakultas terkait di Shanghai Ocean University (SHU) di Kota Shanghai, China.

Dalam hal ini, Delegasi FTUH diterima langsung oleh Dekan College of Engineering Science & Technology, SHU China, Prof. Qingsong Hu dan Pimpinan CEST SHU lainnya.

Pertemuan bilateral antar kedua Pihak Tim Dekanat berlangsung di Gedung Dekanat CEST di Kampus SHU di Kota Shanghai pada Jumat pagi, 9 Desember 2023.

Pada pertemuan ini, kedua belah pihak menyepakati untuk melakukan peningkatan dan perluasan kerjasama antar Unhas dan SHU yang telah terjalin selama ini, dengan memperluas kerjasama ke bidang keteknikan dimana sebelumnya telah terjalin kerjasama dibidang science dan Science Techno Park (STP).

Kedua Dekan, Prof Isran (Dekan FTUH) & Prof Hu (Dekan CEST) saling menyetujui untuk melakukan kerjasama tridarma perguruan tinggi dibidang kemaritiman, khususnya dibidang marine engineering, coastal enginering, dan naval architecture, serta robotika & infrastruktur terkait kemaritiman.

Kedua pihak bersepakat untuk mengawali kerjasama dengan melakukan pertukaran dosen sesuai dengan kepakaran sejenis pada kedua fakultas sebagai langkah awal untuk membina kolaborasi riset dan publikasi hasil riset, serta pertukaran mahasiswa S1-S2-S3.

Kegiatan berbagi atas kepakaran dosen kedua pihak juga disepakati dengan melakukan kerjasama konferensi Internasional pada bidang kompetensi sejenis. Diakhir pertemuan bilateral tersebut, kedua pihak sepakat untuk mengawali perluasan kerjasama Unhas & SHU melalui kolaborasi antara FTUH & CEST SHU ini pada tahun 2024.

Pada lawatan akademik Delegasi FT Unhas ke Shanghai Ocean University (SHU), China ini, Tim P2MJKI FTUH terdiri atas Prof Isran selaku Ketua Delegasi, dibersamai oleh Dr.Eng. Muhammad Rusman (Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Sumber Daya & Alumni), Dr. Rustan Tarakka (Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset & Inovasi FTUH), Dr.Eng. Muralia Hustim (Ketua Departemen Teknik Lingkungan FTUH), Dr. Hairul Arsyad (Ketua Prodi Sarjana Metalurgi & Material FTUH), Dr. Muhammad Yahya (Direktur Perencanaan & Pengembangan Unhas yang juga adalah Dosen Departemen Arsitektur FTUH), Fadly Rivai (Direktur Logistik & Pengadaan Unhas), & Rakhmawita (KTU FTUH). Adapun tim dari College of Engineering Science & Technology, Shanghai Ocean University (CEST SHU) China, terdiri atas Prof. Qingsong Hu (Dekan CEST SHU) dan beberapa Pimpinan Dekanat CEST SHU, antara lain, Prof Jia Yi Shi, Prof. Jiahai Li, Prof Yuqing Liu, Prof Yujun Zheng, and Prof Fang Wang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *