IAS Kenang Hasnah Syam Sebagai Pahlawan Kesehatan

Berita147 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR-,Mantan wali kota Makassar dua periode, Arief Sirajuddin (IAS) menegaskan sosok Hasnah Syam, MARS. salah satu figur perempuan yang sangat peduli dengan kesehatan.

“Tidak banyak tokoh perempuan di Sulsel yang begitu getol memberi perhatian kepada persoalan kesehatan masyarakat. Salah satunya almarhum,” terang alumni Unhas itu, di sela-sela upacara pelepasan jenazah istri Bupati Barru Suardi Saleh itu, di Rujab Bupati Barru, Kamis, 21 Desember 2023.

IAS mengaku tahu sepak terjang almarhumah yang tercatat sebagai anggota Komisi IX DPR RI. Di komisi yang membidangi masalah kesehatan itu, almarhumah duduk bersama istri IAS, Aliyah Mustika.

“Saya kira, jika saja ada lembaga yang mau mengukur kontribusi almarhumah yang begitu banyak di bidang kesehatan masyarakat, khususnya di Barru, beliau layak digelari pahlawan kesehatan. Semoga semua itu menjadi amal jariyah untuk almarhumah,” terang IAS.

Dalam riwayat hidup yang dibacakan di sela prosesi pelepasan jenazah, Hasnah Syam memang menghabiskan sebagian besar kariernya di bidang kesehatan.

Terhitung sejak 2006, dia terhitung empat kali berpindah tugas sebagai kepala sejumlah Puskesmas di Pinrang dan Barru.

Hingga ia akhirnya terpilih ke Senayan lewat pileg 2019 sebagai wakil dari Partai Nasdem dari Dapil Sulsel II. Hasnah bisa melampaui suara orang tenar sekelas Syahrul Yasin Limpo dan Akbar Faizal.

Magister Administrasi Rumah Sakit itu bahkan berhasil memperjuangkan hadirnya Labkesda untuk Kabupaten Barru tahun anggaran 2023 ini.

Upacara pelepasan jenazah almarhumah dipimpin Penjabat Gubernur Sulsel, Dr H Bahtiar Baharuddin. Ribuan pelayat yang hadir mengantar kepergian jenazah Almarhumah

Meski dalam kondisi panas menyengat para pelayat tak ingin bergeser dari tempat berdiri dan duduk. Para pelayat memilih bertahan hingga upacara pelepasan selesai.

Jenazah almarhumah dimakamkan di pekuburan keluarga di desa Ajakkang kecamatan Soppeng Riaja kabupaten Barru.

Atas nama Pemprov Sulsel. Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang datang menghadiri upacara pelepasan jenazah Almarhumah ke tempat peristirahatan terakhir.

Semoga amal bakti kepada masyarakat dan negara yang dilakukan Almarhumah yang juga istri dari sahabat saya H.Suardi Saleh diterima disisi Allah SWT.

Sejumlah tokoh hadir dalam upacara pelepasan jenazah yang dipimpin Penjabat Gubernur Sulsel ini. Di antaranya Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, Penjabat Walikota Pare-pare, HM Aksa Mahmud, Prof Dr Idrus Paturusi, bèsan Almarhumah Natsir Kalla bersama Prof Dr Dwia dan sejumlah pejabat dan tokoh lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.