6 Manfaat Pokak untuk Tubuh, Turunkan Demam dan Tekanan Darah

Berita6272 Dilihat

KABARIKA.ID–Tanaman pokak (Pluchea indica) berasal dari keluarga Asteraceae dan ditemukan tumbuh secara alami di daerah tropis dan subtropis di berbagai wilayah, termasuk Asia Tenggara dan India.

Tanaman ini memiliki sejarah panjang penggunaannya dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat setempat, Namun mungkin sebagian masyarakat belum begitu dikenal di kalangan banyak orang, tetapi ketenarannya sebagai tanaman herbal yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan semakin berkembang.

Tanaman ini memiliki penampilan yang sederhana dengan daun hijau yang lebat, namun di balik itu, tersembunyi sejumlah manfaat yang luar biasa.

Asal Usul dan Penyebaran

Tanaman pokak, juga dikenal sebagai beluntas, kerangas, atau sambiloto, umumnya tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Biasanya ditemukan di pinggir jalan, area terbuka, atau tanah yang kering.

Khasiat bagi Kesehatan:

Antiinflamasi Alami

Tanaman pokak memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini membuatnya bermanfaat dalam pengobatan kondisi inflamasi seperti arthritis atau penyakit radang lainnya.

Obat Demam

Daun tanaman pokk memiliki sifat antipiretik yang dapat membantu menurunkan demam. Masyarakat tradisional sering menggunakan tanaman ini untuk meredakan demam pada anak-anak.

Penyembuhan Luka dan Sariawan

Ekstrak tanaman pokak dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti luka dan sariawan. Kandungan antioksidan dan antimikroba membantu dalam proses penyembuhan.

Pengobatan Gangguan Pencernaan

Beberapa kandungan aktif dalam tanaman pokak dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, seperti perut kembung atau gangguan saluran cerna ringan.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman pokak dapat membantu menurunkan tekanan darah, membuatnya potensial sebagai dukungan bagi mereka yang menderita hipertensi.

Antioksidan Tinggi

Tanaman ini kaya akan senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *