Seruan Khusus Ketum Wilianto Tanta Kepada Anggota PSMTI Jelang Pileg dan Pilpres

Berita664 Dilihat

KABARIKA.ID,  JAKARTA- Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PMSTI) Wilianto Tanta menyampaikan seruan khusus ke anggota PSMTI di seluruh Indonesia untuk mendukung kader terbaik PSMTI yang maju sebagai calon wakil rakyat baik di tingkat pusat maupun daerah.

Menurut Ketum Wlilianto Tanta, kehadiran suku Tionghoa di DPR RI maupun DPRD sangat diperlukan untuk dapat berperan aktif membangun negeri dan juga dapat menjadi saluran aspirasi masyarakat suku Tionghoa.

“Saya berharap mereka jangan mengecewakan karena sudah menjadi wakil rakyat. Secara keseluruhan mereka harus dapat menjaga kepercayaan dari rakyat. Utamanya jangan korupsi, harus jujur dan loyal kepada NKRI,” kata Willianto Tanta.

Seruan Wilianto kepada masyarakat suku Tionghoa agar tidak golput disampaikan dalam sambutannya pada rapat perdana  Pengurus PSMTI Pusat dan  Dewan tahun 2024 di Executive Lounge, Lantai 5 Gedung Utama, Kampus 1 Universitas Tarumanagara (UNTAR), Jakarta, Selasa (16/01/2024).

Pemilik Hotel Claro, Makassar itu juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi, masukan dan kritikan yang membangun untuk PSMTI. Menurut Wilianto masukan dan kritikan tersebut yang dibutuhkan PSMTI agar PSMTI tidak salah dalam melangkah, apalagi tahun ini merupakan tahun politik.

“Masukan dari Dewan agar pengurus bekerja dengan semangat di tahun 2024 ini, penuh kekompakan dan tidak memihak di salah satu pasangan capres, pilihlah sesuai hati Nurani,” ujar Wilianto kepada wartawan.

Rapat tersebut dihadiri pengurus teras PSMTI bersama jajarannya  serta para dewan kehormatan, penasehat, penyantun dan pakar. kegiatan ini juga sekaligus untuk mempererat silaturahmi antar pengurus PSMTI pusat dan dewan.

Rapat diawali dengan laporan kegiatan PSMTI yang sudah berjalan sepanjang tahun 2023. Laporan ini disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) PSMTI Peng Suyoto.

Berbagai kegiatan yang dilakukan PSMTI. Di antaranya, peluncuran website resmi PSMTI, peresmian kantor baru PSMTI di TMII, mengikuti pelatihan pemantapan nilai-nilai (taplai) kebanggsaan di Lemhannas, ikut mendukung serta ikut dalam kegiatan gerak jalan lintas agama yang diprakarsai pengurus Masjid Istiqlal, menggelar fun walk dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional,  menggelar upacara penghormatan leluhur bersama marga-marga, menggelar Rakernas ke XIX di Kalimantan Selatan, menggelar Rapimnas di Lampung, perayaan ulang tahun PSMTI ke-25 di TMII.

Serta sejumlah kegiatan bakti sosial maupun  pelayanan seperti donor darah, pemeriksaan gula darah, pembagian takjil, santunan baik di tingkat pusat maupun daerah dan lain-lain.

Selain itu, salah satu organisasi Tionghoa terbesar di Indonesia ini,  juga tak putus menjalin silaturahmi dengan pejabat tinggi negara dan orang-orang penting di Indonesia. Bahkan pada 15 Mei 2023, pengurus PSMTI bersilaturahmi dengan  Presiden Jokowi dan  menyampaikan apresiasi kepada orang nomor satu di Indonesia itu  atas kepemimpinannya.

Tak berhenti di situ, PSMTI juga terus memperkuat hubungan internasional dengan sejumlah negara, seperti menghadiri  Konferensi ASEAN Chinese Clans Association  (ACCA) ke-10 di Malaysia, ikut mendukung pameran yang digelar CCPIT Commercial Sub-council di JI Expo Kemayoran dan mendukung acara pertukaran  budaya di Naning, Tiongkok.

Sejumlah peserta yang hadir termasuk dewan menyampaikan apresiasi kepada pengurus PSMTI pusat atas kerja kerasnya dalam mengembangkan organisasi ini dan terus  berkontribusi membantu pemerintah melalui kegiatan-kegiatan yang digelar.

Kendati demikian, masih ada catatan yang menjadi evaluasi PSMTI agar dapat lebih baik lagi ke depan.

Sekum PSMTI Peng Suyoto juga menyampaikan harapan PSMTI kepada  seluruh anggota PSMTI untuk  ikut mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan  yang akan digelar pada 14 Februari mendatang, dengan cara datang ke TPS dan coblos sesuai pilihannya.

“Harapan kita tentu seluruh cabang kita, baik secara Provinsi maupun Kabupaten/Kota terus menjalankan visi misi  dan program-program kerja yang sudah dicanangkan serta mendorong semua anggota untuk ikut  menyukseskan event besar negara yakni pemilu dengan tidak golput,” tegas Peng Suyoto.

Terkait kegiatan PSMTI, Peng Suyoto mengatakan kegiatan PSMTI di tahun 2024 tidak jauh  berbeda dengan tahun sebelumnya namun ada beberapa kegiatan  pelaksanaannya masih menunggu pelaksanaan Pemilu seperti Tahun Baru Imlek yang perayaannya berdekatan dengan hari pencoblosan.

“Imlek itu memang dekat dengan Pemilu, jadi kegiatan secara personal atau keluarga tetap dijalankan namun secara organisasi, kita mendorong untuk sukseskan pemilu, jadi lebih baik Imlek-nya bersama keluarga,” tutur Peng Suyoto. (aaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *