Alumni FK Unhas Gelar Baksos Penyuluhan Ibu Hamil di Puskesmas Maccini Sawah

Berita228 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Masih dalam rangka Dies Natalis ke-68, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, tahun 2024 ini menggelar bakti sosial.

Kegiatan tersebut melibatkan semua angkatan di FK Unhas.

Mereka menggelar bakti sosial di 25 Puskesmas se-Kota Makassar dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar, Kamis, 25 Januari 2024.

Pada ksempatan ini, khusus angkatan 1989 giat bakti sosial diberi nama “synergia 89” IKA FK Unhas, bertempat di Puskesmas Maccini Sawah, Jl. Macini Sawah Kota Makassar.

“Hari ini bakti sosial di 25 Puskesmas se-Makassar. Ini adalah rangkaian dari reuni IKA FK Unhas. Kegiatanya utama bakti sosial, kami mendapatkan lokasi di Puskesmas Maccini Sawa. Ada alumni satu angkatan di Puskesmas ini,” kata Ketua IKA FK Unhas angkatan 89, Prof. Dr. dr. Agussalim Bukhari PhD, SpGK(K).

Sesuai agenda, setelah pelepasan peserta baksos di Auditorium Amiruddin Unhas, penerimaan rombongan oleh kepala Puskesmas Maccini Sawah, pembukaan oleh MC Dr. dokter Nursin Abdul Kadir, SpPK dan sekligus perkenalan tim baksos “Synergia 89”.

Sambutan oleh Ketua IKA FK Unhas angkatan 89, Prof. Dr. dr. Agussalim Bukhari PhD, SpGK(K), sambuyan kepala Puskesmas Maccini Sawah, dokter Khairul Rizal M.Kes,

Kegiatan di Puskesmas tersebut yakni pemeriksaan USG Ibu hamil oleh Dr. dr. Masyita Fujiko SpOG(K), penyuluhan kesehatan ibu hamil oleh dr. Amiruddin Saini SpOG, penyuluhan pentingnya pengetahuan ibu tentang kebutuhan dan pertolongan nutrisi bagi anak oleh dr. Wiwik Usman, M.Kes.

“Kegiatan ini lebih ke nuansa mengedukasi masyarakat, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya ibu hamil dapat meningkatkan pengetahuannya selama masa kehamilan hingga persiapan menyusui terhadap pemenuhan gizi seimbang,” harapnya.

Baksos Alumni 89 FK Unhas diikuti jyga beberapa alumni di luar Sulsel. Bahkan salah satu hadir dari RSUD di Provinsi Papua. Begitu juga ada alumni dari Provinsi lain.

Sedangkan, Dr. dr. Nursin Abd Kadir, M.Kes, Sp.PK (K) sebagai Humas Synergia angkatan 89 mengatakan kegiatan seperti ini ke depan akan terus ditingkatkan. Bahkan lebih spektakuler dari sekarang, dimana bisa tingkat nasional.

“Tadi juga kegiatan baksos di Puskesmas Maccini Sawah, ini. Ada juga rangkaian penyeraham bingkisan dan doorprize untuk ibu hamil dan kader posyandu,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kepala Puskesmas Maccini Sawah, dr. Khairul Rizal, M.Kes mengatakan sangat mengampresiasi kegiatan Baksos di lakukan oleh alumni 89 FK Unhas di Puskesmas tersebut.

“Kami bersyukur dan apresiasi, ada banyak hal bersifat edukasi dari alumni FK Unhas saat Baksos di Puskesmas kami bertugas, maka harapan kegiatan ini memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan di Makasar,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.