IKA FK Unhas Terjunkan Dokter Spesialis Tiap Angkatan

Berita429 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Dies Natalis ke-68 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas), Ikatan Alumni (IKA) FK Unhas menggelar aksi bakti sosial di 25 Puskesmas se-Kota Makassar.

Baksos ini melibatkan para dokter spesialis perwakilan tiap angkatan di FK Unhas. Pembukaan baksos digelar di Aula Prof A. Amiruddin, FK Unhas, kampus Tamalanrea, Kamis (25/1/2024).

Dihadiri Dekan FK Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD-KGH, Sp.GK(K), Ketua Umum IKA FK Unhas, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS, Ketua Harian IKA FK Unhas dan penanggung jawab baksos Dies Natalis ke-68 FK Unhas, DR. dr. Maisuri T. Chalid, Sp.OG(K), Ketua panitia disnatalis ke-68 FK Unhas Prof. DR. dr. Syahrul Rauf, Sp.OG(K)Onk.

Dekan FK Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD-KGH, Sp.GK(K), mengatakan Baksos dengan tema ‘membangun generasi melalui peningkatan kesehatan perempuan dan anak.

Ini melibatkan sekitar 50 dokter umum dan dokter spesialis perwakilan dari tiap angkatan untuk satu Puskesmas.

“Ikatan alumni kita telah memberi kontribusi yang sangat besar lewat Baksos, dengan mengatur satu angkatan satu puskesmas, dalam kebersamaan memberi support bagi kemajuan FK Unhas di ulang tahunnya ke-68,” ungkap Prof Haerani.

Ketua Umum IKA FK Unhas, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS, mengatakan Baksos ini terdiri dari beberapa kegiatan preventif, promotif, dan edukatif, serta pemeriksaan langsung pada masyarakat yang datang berobat di Puskesmas.

“Kami melibatkan para dokter spesialis dari lintas angkatan, dari perwakilan alumni FK yang saat ini berjumlah lebih dari 30 ribu orang,” ucapnya.

Kegiatan ini bukti nyata pengabdian FK Unhas pelayanan kesehatan masyarakat dengan turun langsung ke lapangan, melibatkan bukan hanya dokter umum, tapi juga dari dokter spesialis, pemeriksaan langsung mulai dari penyakit dalam, anak, gizi dan lainya.

Ketua Harian, Dr Maisuri menambahkan sesuai tema Baksos yang menyasar kalangan perempuan dan anak, bukan hanya kegiatan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, tapi juga pemeriksaan lainnya seperti deteksi dini kanker payudara, deteksi dini kanker leher rahim, menopause.

Sedangkan untuk anak, selain penyuluhan pencegahan stunting, termasuk program lainnya, seperti deteksi tumbuh kembang anak, pertumbuhan tulang, dan aksi donor darah.

Sementara menurut Prof Syahrul, selaku ketua panitia dies natalis, menyebutkan kegiatan dies natalis bukan hanya sekadar kegiatan berkumpul sambil berhura-hura dan kegiatan olah raga.

“Kita juga menggelar kegiatan yang berkontribusi pada masyarakat, yang digelar massif melibatkan jaringan alumni FK Unhas,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.