Menhan Prabowo Beri Amran Gelar Panglima Pangan

Berita418 Dilihat

KABARIKA.ID, SUMEDANG – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi kinerja Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan memberi gelar sebagai Panglima Pangan.

Prabowo menilai Mentan Amran bekerja cepat dan turun ke lapangan langsung untuk menyelesaikan berbagai masalah di sektor pertanian.

Menhan Prabowo menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif  Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Sumedang, Selasa (30/01/2024) siang.

“Kita butuh banyak pemimpin yang lebih cepat bertindak seperti Pak Mentan. Rasanya dengan gaya kepemimpinan beliau seperti ini, kita perlu memberi gelar baru baginya. Saya rasa Pak Amran layak disebut sebagai Panglima Pangan,” ungkap Prabowo.

Gerak cepat Amran dibuktikan ketika dirinya menyelesaikan permasalahan pupuk bersubsidi.

Mengetahui petani kesulitan mendapatkan pupuk, Amran pun sesegera mungkin mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi dengan hanya cukup menggunakan KTP.

Tak hanya itu, Amran juga mengajukan penambahan anggaran pupuk bersubsidi yang langsung disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan nilai Rp14 triliun.

“Apa yang ditunjukkan oleh Pak Amran adalah kepemimpinan luar biasa. Indonesia bisa hebat karena ada pemimpin yang menghargai rakyatnya. Kita butuh lebih banyak Amran junior,” ujar Prabowo.

Kehadiran Prabowo dan Amran dielu-elukan oleh 60 ribu peserta kegiatan yang terdiri dari  berbagai unsur kelompok masyarakat tani, seperti petani, peternak, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta Babinsa dan Babinkamtibnas.

Menurut Prabowo, kehadirannya sebagai Menteri Pertahanan di kegiatan pertanian karena dirinya memang memandang sektor ini sangat penting bagi ketahanan dan keamanan Indonesia.

“Masalah pertanian adalah masalah hidup dan mati. Ada pangan maka negara dan bangsa bisa hidup. Tidak ada pangan, tidak ada bangsa indonesia,” tegas Prabowo.

Dirinya pun memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para petani, peternak, dan penyuluh. Bahkan Ia mengingatkan para tentara untuk menghargai mereka sebagai pahlawan pangan.

“TNI harus ingat tanpa petani tidak ada tentara. Kita bisa berperang karena didukung oleh petani. Petani yang menyediakan pangan bagi kita. Saya sangat hormat kepada petani dan peternak. Kalian adalah pahlawan karena menyediakan pangan bagi Indonesia,” sebut Prabowo.

Tidak Boleh Permainkan Petani

Pada sambutannya, Amran menyampaikan dirinya sejak menjabat Oktober 2023 lalu, telah berkeliling ke seluruh Indonesia untuk mengetahui kendala yang dihadapi petani.

“Kami berkunjung ke 13 provinsi. Kami keliling untuk mengecek apa saja kendala yang dihadapi oleh petani Indonesia,” tutur Amran.

Dirinya pun mengharapkan tidak ada oknum-oknum tertentu yang akan memanfaatkan dan bahkan mempolitisasi para petani.

“Tidak boleh ada yang main-main dengan petani Indonesia. Kalau ada yang sampai mempermainkan, akan berhadapan dengan menterinya,” tegas Amran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.