Mentan Amran Borong Gula Merah UMKM Andalan Palopo untuk Dibawa ke Jakarta

Berita418 Dilihat

KABARIKA.ID, PALOPO –Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengunjungi sejumlah stand UMKM sektor pertanian di Kota Palopo, Sabtu 3 Februari 2024.

Salah satu stand yang menarik perhatian Mentan Amran adalah stand UMKM yang memproduksi gula merah.

Syamsiah, pemilik gula merah mengatakan bahwa gula.merah yang dijualnya berasal dari daerah Tandung, Kota Palopo.

Syamsiah menjual gula merah dalam kemasan yang dibungkus dengan daun pohon aren.

Mendengar penjelasan tersebut, dengan spontan Mentan Amran langsung merogoh tasnya yang dibawa ajudan dan mengambil uang senilai Rp1 juta lalu memborong semua gula merah  yang ada.

“Saya kalau lihat gula merah dibungkus begini (daun aren), wah senang saya. Kenapa? Karena dulu saya bisa hidup sebulan dengan gula merah. Saya ke hutan itu hanya bawa gula merah. Nanti bisa dimakan sama singkong, sama ubi,” kata Mentan sambil memperagakan ia membawa gula merah di atas pundaknya.

“Tolong gula merah ini saya beli Rp1 juta ya. Saya akan bawa ke Jakarta semuanya. Nanti dibawa ke pesawat,” kata Mentan kepada ajudannya.

Usai dari stand gula merah Kegua Umum PP Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin itu lalu bergeser melihat stand lain mulai dari pengolahan biji kopi hingga pala.

Diketahui gula merah dari Palopo, khususnya dari Tandung menjadi salah satu UMKM andalan Kota Palopo. Rasa dan mutunya sangat disukai masyarakat. (PP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.