Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan pada Selasa 12 Maret 2024

Berita140 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA–Kementerian Agama menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 H, atau awal puasa, jatuh pada Selasa 12 Maret 2024. Hal ini disampaikan dalam Sidang Isbat di Auditorium H. M. Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2024).

“Sidang isbat memutuskan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa 12 Maret 2024,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

Lewat kesimpulan yang diambil, penentuan 1 Ramadan —besok Selasa didasarkan pada faktor bahwa posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia belum masuk kriteria minimum (3 derajat dan elongasi 6,4 derajat). Dengan kata lain belum terlihat.

Penentuan awal Ramadan menggunakan metode rukyat dan hisab. Hisab sifatnya informatif dan kedudukan rukyat sebagai konfirmasi hisab.

Sidang Isbat sendiri dihadiri oleh tim Kemenag, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, BRIN, serta BMKG.

Indonesia menggunakan kriteria yang disepakati Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) sebagai penentu awal bulan hijriah.

Sementara itu, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H pada Senin (11/3) berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *