Kadis Andi Asman Sulaiman Tuan Rumah Bimtek dan Sosialisasi Pertanian Modern di Bone

Berita137 Dilihat

KABARIKA.ID,MAKASSAR -Menteri Andi Amran Sulaiman terus mendorong peningkatan produksi pertanian dengan berbagai inovasi, seperti Program Pertanian Modern di tiga kabupaten Sulsel.

Gagasan “Pertanian Modern” di tiga kabupaten oleh Mentan Amran Sulaiman pertama kali disampaikan saat Buka Bersama IKA UNHAS di AAS Building, Jumat, 29 Maret 2024.

Sejak itu tim internal yang terdiri gabungan IKA UNHAS, Kementan, Kadis Pertanian tiga kabupaten (Bone, Maros dan Pangkep), penyuluh dan Universitas Hasanuddin bergerak dan melakukan rapat-rapat yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPU.

Pertanian modern akan meliputi Kabupaten Maros (5.000 ha), Pangkep (5.000 ha) dan Bone (10.000 ha).

Khusus Maros dan Pangkep sudah dilakukan sosialisasi dan Bimtek yang disambut antusias Bupati Chairil Syam, Bupati M. Yusran Lalogau, aparat TNI/Kepolisian, penyuluh dan instansi terkait.

Sebagai kelanjutan kegiatan, maka melalui Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementan kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), di Kabupaten Bone, Kamis (25/4/2024.

Bimtek ini akan menjawab bagaimana meningkatkan produksi padi nasional melalui program pertanian modern.

Jadi kegiatan yang melibatkan penyuluh, dinas, balai, pemerintah pusat, Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin, dosen, dan UNHAS ini merupakan paduan sosialisasi Pertanian Modern sekaligus Bimtek.

Sementara itu, Plh Dirjen Hortokuktura Kementan Dr. Ir. Muhammad Taufik Ratule, M.Si kegiatan ini adalah kombinasi Bimtek dan sosialisasi peningkatan Produksi Padi Nasional berbasis pertanian modern.

Diketahui program yang sedang digalakkan Kementan di Sulsel meliputi program Optimalisasi Lahan (oplah), tanam sisip padi gogo di perkebunan, percepatan tanam, lahan rawa dan pertanian modern.

Bimtek dan sosialisasi yang digelar di The Novena Hotel dan Convention mengangkat tema ‘Program Pertanian Modern untuk Peningkatan Produksi Padi di Bone Sulawesi Selatan’.

Rundown acara

Pukul 08.30 – 09.00 Wita:
Registrasi Peserta.

09.00 – 09.15
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Pembacaan Doa

09.15 – 09.30
Laporan Bimtek Program Pertanian Modern di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Plh Dr Ir Muhammad Taufik Ratule, MS.i.

09.30 – 09.40
Sambutan dan arahan Kadis THP Bone sekaligus membuka acara Bimtek

09.40 – 10.00
Akselerasi Transformasi Pertanian Tradisional/Semi Tradisional ke Modern di Kabupaten Bone.o/Kadis THP, Andi Asman Sulaiman.

10.00 – 10.45
Program Pertanian Modern untuk
Peningkatan Produksi Padi di Bone Sulawesi Selatan oleh Prof Yusran Jusuf.

10.45 – 11.20
Dukungan perbenihan padi pada program pertanian modern di Kabupaten Bone

11.20 – 12.00
Diskusi dan Tanya jawab

12.00 – 13.00
Ishoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *