KPU Sulsel Luncurkan Tagline Pilkada untuk Semua dan Perkenalkan Maskot To Lempuq

Berita340 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan meluncurkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, di Lego-lego Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Sabtu (19/5) malam, yang dihadiri semua perwakilan KPU dari 24 kabupaten/kota.

Dengan mengusung tagline ‘Pilkada untuk Kita’, KPU Sulsel juga memperkenalkan maskot Pilkada serentak di Sulsel yang diberi nama To Lempuq.

Maskot tersebut menyimbolkan ciri khas masyarakat Sulawesi Selatan. To Lempuq memiliki arti orang jujur dan sanggup mengaplikasikan slogan orang bugis taro ada taro gau.

To Lempuq menampilkan tokoh kartun berupa kotak suara, bercorak putih, emas, dan hitam dengan memakai songkok recca, yang melambangkan anggun, amanah, jujur, berwibawa, dan penuh etika dalam berbudaya.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan, peluncuran tersebut menanjadi tanda dimulainya tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali kota dan Wakil Wali kota 2024, yang hari pencoblosannya jatuh pada 27 November mendatang.

“Tahapan kita sudah mulai tanggal 16 Mei kemarin, 24 kabupaten/kota telah melantik PPK, sebagai penanda bahwa badan Ad-hoc kami sudah terbentuk dan siap bekerja melaksanakan tugas-tugas teknis terkait dengan proses tahapan lanjutan. Tahapan yang berjalan sekarang adalah proses seleksi PPS. Ini juga adalah penanda bahwa kami KPU, sebagai penyelenggara siap melaksanakan Pilkada Serentak 2024,” kata Hasbullah.

Tagline Pilkada untuk kita, lanjut Hasbullah, punya makna, agar pemilih memaknai sebagai tanggung jawab untuk memilih pemimpin itu penting.

“Semua pemilih harus bertanggungjawab terhadap pilihannya. Pemilih harus memikirkan siapa calon terbaik yang bisa membawa daerah jauh lebih baik kedepan,” lanjut alumni Universitas Hasanuddin ini.

Sementara, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI Mochammad Afifuddin berharap Pilkada serentak dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sesuai dengan tagline, Pilkada untuk Kita.

Afifuddin juga mengharapkan agar semua pihak mengambil peran dan saling bersinergi demi suksesnya Pilkada Serentak 2024 di Sulsel. “Kami berharap tagline Pilkada untuk kita, itu benar-benar kita bisa dimaknai sebagai hajatan kita bersama,” harapnya.

Dia pun mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk menyongsong perhelatan Pilkada serentak ini sebagai ritual yang menggembirakan dan peristiwa yang biasa dilakukan, sehingga dalam proses Pilkada, masyarakat dapat menghadapinya dengan biasa saja.

“Pilkada ini bagian dari rutinitas penggantian, keberlanjutan, dan juga kesinambungan dari pembangunan. Sehingga pada saatnya, masyarakat mendapatkan pemimpin yang benar-benar membawa kesejahteraan kepada rakyat,“ tukas Afifuddin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *