Bukan Gelombang Panas, Ini Penyebab Suhu Udara Sangat Panas di Makassar

Berita180 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Suhu udara dan cuaca di Kota Makassar, Sulawesi Selatan belakangan ini terasa sangat panas. Karena ternyata, pada siang hari, suhu udara bisa mencapai 35-36 derajat celcius.

Pihak Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar menyebutkan, jika suhu panas merupakan kondisi di mana suhu udara meningkat akibat pemanasan matahari langsung.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) IV Makassar, Agusmin memastikan, yang terjadi bukan gelombang panas atau heatwave. Melainkan karena berkurangnya tutupan awan sehingga suasana akan terasa lebih gerah.

“Selain itu, suhu panas biasanya merupakan pertanda suatu wilayah akan memasuki musim kemarau. Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah juga dapat menjadi penyebab suhu panas yang dirasakan masyarakat,” seru Agusmin.

Berdasarkan keterangan cuaca panas itu merupakan tanda dari masuknya musim kemarau. Hal itu ditandai dengan mulai jarangnya turun hujan.

“Fenomena suhu panas seperti sekarang ini, lumrah terjadi di Indonesia. Ini merupakan siklus tahunan yang bukan hanya terjadi di Makassar tapi di berbagai wilayah Indonesia,” lanjut Agusmin.

Suhu panas di Indonesia merupakan fenomena yang bersiklus terjadi setiap tahun sebagai akibat dari adanya gerak semu matahari dan kondisi cuaca cerah pada siang hari.

“Terpantau sudah sebagian wilayah indonesia salah satunya indonesia bagian selatan mengalami kondisi demikian,” pungkas Agusmin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *