1.677 Penumpang Sudah Diberangkatkan Semua, KM Umsini Docking

Berita696 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sebanyak 1.677 penumpang Kapal Motor (KM) Umsini sudah diberangkatkan ke kota tujuan, yaitu Surabaya, Jakarta dan Pulau Kijang, Kepri setelah mengalami insiden kebakarandi Pelabuhan Makassar, sebelum bertolak ke pelabuhan tujuan.

Para penumpang diberangkatkan ke pelabuhan tujuan akhir, dalam tiga tahapan, dengan menggunakan tiga kapal pengangkut berbeda, yaitu KM Darma Kencana VII, KM Labobar, dan KM Dorolonda.

Sebelum diberangkatkan, para penumpang terpaksa menunggu di terminal keberangkatan Pelindo Makassar hingga kapal berikutnya tiba.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Evan Eryanto menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang maupun calon pelanggan yang terdampak insiden terbakarnya KM Umsini.

“Kami mohon maaf atas peristiwa ini sehingga menimbulkan ketidaknyamanan maupun keterlambatan perjalanan bagi penumpang kami. Mereka sudah diberangkatkan dengan KM Labobar untuk melanjutkan perjalanan ke Tanjung Pinang dan dengan KM Dorolonda untuk tujuan Jakarta,” ujar Evan, Selasa (11/6/2024).

Sebelumnya, sebanyak 419 penumpang dengan tujuan Surabaya diberangkatkan dengan menggunakan kapal milik Dharma Lautan Utama, yaitu KM Darma Kencana VII, Minggu (9/6/2024) sore.

KM Umisini sendiri merupakan kapal penumpang Pelni buatan tahun 1985 dengan kapasitas 2000 pax. Rute KM Umsini sendiri antara lain Kijang – Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Maumere – Larantuka -Lewoleba – Kupang -Lewoleba – Larantuka – Maumere – Bau Bau – Makassar – Surabaya – Tanjung Priok – Kijang.

Kebakaran yang terjadi pada KM Umsini itu dipicu oleh hubungan arus pendek yang terjadi di dek 7.

Pasca kebakaran, KM Umsini pun kini dikabarkan sudah ditarik dari pelabuhan Makassar.

Penarikan tersebut dilakukan untuk memperbaiki KM Umsini yang disebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Selama kapal docking, belum ada kapal pengganti sampai waktu yang belum ditentukan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *