Unhas Terlibat dalam Proyek Kolaboratif Indonesia dan Amerika Serikat

Kabar Unhas301 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) terlibat dalam Higher Education Partnership Initiative (HEPI), proyek kolaboratif Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang pendidikan. Sebagai langkah awal, dilakukan pertemuan untuk membahas implementasi proyek. Pertemuan berlangsung, Jumat (8/7/2022) lalu mulai melalui aplikasi zoom meeting.

Pertemuan ini turut dihadiri Rektor Unhas, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc beserta tim yang terlibat, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Rektor Binus, dan tim HEPI Project, Mr. Jeffrey S.Goss (Associate Vice Provost, Southeast Asia Initiatives Arizone State University) dan Dr. Kathy Wigal (HEPI Project Director).

Dalam kesempatan tersebut, Prof JJ menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi tinggi atas kepercayaan yang diberikan untuk terlibat dalam proyek pengembangan perguruan tinggi dalam berbagai sektor. Menurutnya, proyek ini akan memberikan banyak manfaat dalam upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi.

“Secara umum, Unhas berkomitmen terlibat secara aktif dalam mendukung implementasi dari HEPI Project. Dengan sumber daya yang dimiliki Unhas, kami yakin dan percaya bisa memberikan yang terbaik,” jelas Prof JJ.

Dalam kesempatan tersebut, Associate Vice Provost, Southeast Asia Initiatives Arizone State University, Mr. Jeffrey S.Goss secara umum memberikan penjelasan tentang HEPI Project. Ia mengatakan, project ini melibatkan banyak sektor tidak hanya perguruan tinggi. Akan tetapi, juga pemerintah maupun mitra strategis lainnya.

Jeffrey mengatakan HEPI Project merupakan program kemitraan berkelanjutan antara Amerika Serikat, institusi pendidikan tinggi Indonesia, dan sektor swasta dalam upaya peningkatan keterampilan dan kompetensi mahasiswa melalui gelar dan kredensial industri berkualitas tinggi yang diakui secara internasional.

“Kami tetap melakukan penyesuai dengan program prioritas strategis pemerintah Indonesia. Fokus kami pada akreditasi sebagai kerangka kerja pengorganisasian dan motivator berkelanjutan yang sejalan dengan visi inti HEPI seperti memberikan target konkrit untuk standar program internasional,” jelas Jeffrey.

Universitas mitra dari HEPI Project diharapkan dapat membangun kemitraan publik-swasta untuk menciptakan kolaborasi antara AS dan Indonesia. Membekali mahasiswa dengan keterampilan dan kompetensi kritis, termasuk keterampilan teknis, pembelajaran aktif dan pengalaman melalui gelar berkualitas tinggi yang diakui secara internasional dan kredensial industri.

Unhas telah dipercaya menjadi bagian dari Higher Education Partnership Initiative (HEPI) yang difasilitasi oleh USAID dan Arizona State University (ASU), Amerika Serikat. Unhas bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Bina Nusantara (BINUS) terpilih setelah melalui proses asesmen oleh pihak ASU, yang selanjutnya mendapatkan persetujuan pendanaan dari USAID.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa agenda penting termasuk draft MoU yang akan dibuat serta beberapa agenda strategis lainnya yang dapat dilakukan oleh universitas mitra Indonesia. (*)

Makassar, 11 Juli 2022

Kepala Subdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Ishaq Rahman, AMIPR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *