Rektor Unhas Bahas Program Penelitian Bersama Tim Konsorsium 4D-REEF dari Berbagai Negara

Kabar Unhas480 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc., menerima kunjungan tim konsorsium yang tergabung dalam kajian proyek penelitian “4D-REEF (Past, Present, and future of coral reefs in the coral triangle)” di Ruang Rapat Rektor Unhas Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Kamis (28/7/2022).

Tim Konsorsium 4D-REEF dipimpin Dr. Willem Renema (Group Leader Marine Biodiversity), yang menyatukan sekitar 40+ peneliti, yang termasuk 18 Peneliti Tahap Awal, dari 14 institusi berbeda di seluruh Eropa dan Asia Tenggara. Dua peneliti dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin tergabung dalam kelompok ini yakni Prof. JJ bersama Prof Dr Ir Rohani Ambo Rappe, M.

Prof. JJ berserta tim melakukan diskusi bersama terkait program penelitian yang akan dilanjutkan setelah tertunda selama dua tahun sejak masa pandemic Covid-19. Pengambilan data penelitian terkait terumbu karang tengah dipersiapkan dan akan dilakukan di Kepulauan Spermonde.

“Ini adalah kesempatan yang berharga, akhirnya kita bisa mendiskusikan penelitian ini secara langsung. Kita harap kerja sama penelitian ini dapat menemukan temuan-temuan baru terkait keberadaan terumbu karang yang memiliki peluang di masa depan dengan perubahan iklim dan polusi yang sedang berlangsung,” kata Prof. JJ.

D-REEF akan menggunakan berbagai data paleo-ekologi dan data masa kini untuk mempelajari terumbu karang di habitat keruh. Terumbu ini mungkin memiliki kapasitas untuk menahan tekanan lingkungan dan bertindak sebagai tempat perlindungan bagi terumbu karang pada periode iklim hangat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *