Hilangnya Keberkahan Sekolah

Opini724 Dilihat

TANGGAL 2 Mei adalah hari yang selalu heboh di dunia pendidikan. Tapi hari ini 2 Mei 2022 itu tak sanggup mengalahkan hari raya Idul Fitri yang digelar di seluruh penjuru dunia dimana umat Islam berada.

Saya sejak keluar dari kampus menceburkan diri di dunia pendidikan. Mulai dari mendirikan bimbingan belajar yang seharusnya tak perlu ada jika kualitas pendidikan kita baik, hingga memimpin Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sulsel sejak 2009 hingga 2016 dan menjadi pemimpin tertinggi IGI di tingkat nasional 2016-2021.

Karena ingin tetap berkontribusi terhadap dunia pendidikan maka tanggal 11 November 2020 secara resmi oleh Kemkumham saya mendirikan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) yang dalam “sekejap” hadir di 34 Provinsi di Indonesia dan hanya dalam setahun sudah melatih ratusan ribu guru di seluruh Indonesia.

Lalu bagaimana dunia pendidikan kita kini?

Dunia pendidikan seperti kehilangan ruhnya, berbagai upaya pemerintah tak juga mampu mengangkat kualitas pendidikan Indonesia. Lalu apa sesungguhnya yang bermasalah dengan dunia pendidikan kita?

Dunia pendidikan kita bermasalah di hampir semua lini, kurikulum, guru, fasilitas semuanya bermasalah. Lalu ada masalah yang sesungguhnya jauh lebih besar yang di masa lalu justru menyelamatkan pendidikan kita, yaitu keberkahan sekolah.(*)

Muhammad Ramli Rahim (Alumni FMIPA/Ketua Umum JSDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *