KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kemarau panjang akibat El Niño menyebabkan beberapa kecamatan di Kota Makassar mengalami kekurangan air bersih, karena PDAM Makassar defisit debit air baku.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Melalui program Jumat Berkah, Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP IKA) Unhas bersama AAS Foundation, mendistribusikan air bersih sebanyak 25.000 liter pada 20 titik di empat kecamatan. Yakni, kecamatan Panakkukang, Tamalanrea, Biringkanaya, dan kecamatan Tallo.

Armada mobil tangki pembawa air bersih dilepas secara resmi oleh Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPU yang didampingi Waketum PP IKA Unhas A. Iwan Patawari, S.Si, dan Direktur Keuangan PT Tiran, Ir. Moch. Safri Sabit, M.Si, Jumat pagi (27/10/2023) di halaman AAS Building.

Perwakilan IKA Unhas Kabupaten Maros, A. Lukman foto bersama dengan Sekjen PP IKA Unhas Prof Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPU dengan latar belakang armada pengangkut air bersih bantuan bantuan IKA Unhas Maros, Jumat pagi (27/10/2023) di halaman AAS Building. (Foto: M. Ruslan/kabarika)

Sekjen IKA Unhas dalam sambutannya saat melepas armada mengatakan, penyaluran air bersih ini merupakan bentuk kepedulian IKA Unhas terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang sedang kekurangan air bersih.

Kegiatan sosial seperti ini telah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PP IKA Unhas terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan, baik itu karena bencana alam berupa banjir, kebakaran, dan kekurangan air bersih di sejumlah titik seperti yang terjadi saat ini.

Ketua Umum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan, bahwa IKA Unhas akan selalu hadir di tengah masyarakat yang mengalami kesulitan untuk meringankan beban mereka.

Mobil tangki pembawa air bersih bantuan Bupati Gowa dan IKA Unhas Kabupaten Gowa siap berangkat ke titik sasaran, Jumat pagi (27/10/2023) di halaman AAS Building. (Foto: M. Ruslan/kabarika)

Sementara itu, Bupati Maros sekaligus ketua IKA Unhas Maros, H. A.S. Chaidir Syam, M.H. mengatakan bahwa Jumat Berkah dalam bentuk menyaluran air bersih yang digagas oleh Ketua Umum PP IKA Unhas Andi Amran Sulaiman, adalah bentuk kepedulian dan empati yang perlu didukung bersama, apalagi dalam kondisi masyarakat kita sekarang ini yang masih dilanda kekeringan di beberapa kawasan.

“Olehnya itu, IKA Unhas Maros menyiapkan empat armada untuk mendukung pelaksanaan kegiatan penyaluran air bersih ini, dan semoga betul-betul bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar ketua IKA Unhas Maros.

Mobil armada pembawa bantuan air bersih dari IKA Unhas Kabupaten Maros dan Baznas Provinsi Sulsel, Jumat pagi (27/10/2023) di halaman AAS Building. (Foto: M. Ruslan/kabarika)

IKA Unhas Kabupten Maros mengirimkan empat armada mobil bak terbuka (pick up) masing-masing berkapasitas dua kubik atau 2.000 liter.

Armada pembawa air bersih lainnya berupa tiga mobil tangki, masing-masing berkapasitas 5.000 liter dari Bupati Gowa dan IKA Unhas Kabupaten Gowa.

Satu armada lainnya yang juga mengangkut air bersih sebanyak 2.000 liter merupakan bantuan kolaboratif dari Baznas Provinsi Sulawesi Selatan.

Penanggung jawab kegiatan Jumat Berkah ini, A. Iwan Patawari, S.Si berharap kegiatan Jumat Bersih berupa pendistribusian air bersih ini dapat meringankan beban warga yang kesulitan air bersih.

“Ketua umum PP IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman dalam pesannya berharap, semoga bakti sosial ini dapat meringankan beban ketersediaan air bersih bagi warga,” ujar A. Iwan Patawari.

Puluhan warga kompleks Sapiriya dan Suangga di jalan Kandea, ramai-ramai membawa jerigen dan galon untuk mengambil air bersih bantuan dari IKA Unhas dan AAS Foundation, Jumat pagi (27/10/2023). (Foto: Chalink/kabarika)

Puluhan warga di kompleks Sapiriya dan Suangga di sekitar jalan Kadea-Masjid Al Markaz, merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih dari IKA Unhas dan AAS Foundation. (rus)