KABARIKA.ID, MAKASSAR – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Singapura, Dr Ng Eng Hen menandatangani kesepakatan Joint Update on Defence Cooperation (JUDC) Indonesia-Singapore 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Melansir laman Kementerian Pertahanan RI, Rabu (1/05/2024) penandatanganan itu berlangsung di sela-sela kegiatan Indonesia-Singapore Leader’s Retreat 2024, di mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor, Senin (29/04/2024).

Penandatanganan dokumen kesepakatan tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Presiden Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong bersalaman usai menyaksikan penandatanganan kesepakatan Joint Update on Defence Cooperation (JUDC) Indonesia-Singapore 2024 oleh Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Singapura, Dr Ng Eng Hen di sela-sela Indonesia-Singapore Leader’s Retreat 2024, di Istana Bogor, Senin (29/04/2024). (Foto: Humas Kemhan)

JUDC adalah kerja sama pertahanan Indonesia-Singapura, termasuk di dalamnya interaksi antara TNI dan Singapore Armed Forces (SAF) yang telah dilaksanakan pada tahun 2023, serta program kegiatan terjadwal pada 2024.

Semua kegiatan bidang pertahanan Indonesia-Singapura merupakan implementasi dari Defence Cooperation Agreement (DCA) antara Indonesia dan Singapura, yang telah diberlakukan secara resmi pada 21 Maret 2024.

Presiden Jokowi mengaku terhormat dapat menjadi tuan rumah dalam gelaran Leader’s Retreat 2024.

Leaders Retreat merupakan pertemuan tahunan antara kepala pemerintahan Indonesia dan Singapura yang diselenggarakan secara bergantian di kedua negara.

Jokowi menilai, pertemuan yang telah dilakukan selama tujuh kali ini merupakan bukti bahwa kerja sama antara kedua negara akan terus menguat. (*/mr)