KABARIKA.ID, MAKASSAR-Munafri Arifuddin teratas dalam hasil survei ARCHY Strategy terkait popularitas sebagai bakal calon Wali Kota Makassar untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Politikus Golkar tersebut berada di urutan pertama dengan persentase 15,63, kemudian disusul oleh Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo (RL) 8,24% kemudian Rusdin Abdullah 5,14.

Juga muncul nama-nama lain seperti eks Wakil wali Kota Makassar Syamsu Rizal, Politikus NasDem A.Rachmatika Dewi mendapatkan dukungan yang signifikan 4,28% dan 4,18%.

Di sisi lain nama yang cukup populer juga ada eks Kepala Dinas Pertaniam, Perikanan dan peternakan, Abd. Rahman Bando mendapat 3,21% sementara itu ketua Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali 2,78%.

Nama-nama lain juga ada Eks Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa (ASA) dan Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail juga muncul dalam daftar dengan dukungan yang cukup signifikan.

CEO ARCHY Strategy Mukhradis Hadi Kusuma Jaya mengatakan dari hasil survei menyatakan memberikan gambaran yang jelas tentang preferensi pemilih di kota Makassar, apalagi saat ini sudah mendekati pemilihan Wali Kota Makassar.

“Dengan responden yang tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan, kami yakin data ini mampu merefleksikan aspirasi dan harapan masyarakat secara akurat,”tuturnya, Rabu, 19 Juni 2024.

Ia menuturkan dari hasil survei tersebut mengumpulkan data dari 1.692 responden yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar, dengan penyebaran proporsional di berbagai kalangan masyarakat.

“Survei ini memiliki Margin of Error sebesar 2,38% dan Confidence Interval sebesar 95%, yang menunjukkan tingkat kepercayaan tinggi terhadap hasil yang diperoleh,”ucapnya.

“Survei itu dilakukan secara ketat, memastikan akurasi serta representativitas data yang dikumpulkan,”tambahnya.

Ia menambahkan setelah hasi survei elektabilitas bakal calon yang tidak masuk bursa di Pilwalkot Makassar tereleminasi maka beberapa nama muncul diantaranya, Munafri Arifuddin tetap memimpin dengan elektabilitas sebesar 21,39 % diikuti oleh Rusdin Abdullah dengan 8,16%.

Adi Rasyid Ali dan Abdul Rahman Bando masing-masing memperoleh 3,84% dukungan, sementara Andi Seto Gadhista Asapa mendapat 2,25%,
Ahmad Susanto dan Irwan Adnan memiliki elektabilitas yang lebih rendah, masing-masing sebesar 0,83% dan 0,30%.

Selain itu, 37,29% responden belum menentukan pilihan mereka atau tidak menjawab, dan 13,89% memberikan nama-nama yang kemungkinan besar tidak akan maju dalam pemilihan Wali Kota Makassar 2024 karena berbagai alasan, seperti telah terpilih sebagai Anggota DPR atau DPRD.