KABARIKA.ID, PONTIANAK — Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Kalimantan Barat (Kalbar) terus menghadirkan kegiatan yang memberi manfaat kepada masyarakat luas, sebagai wujud kepedulian kepada sesama.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, IKA Unhas Kalbar akan menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) dan donor darah.

Guna mematangkan persiapan pelaksanaan kegiatan Baksos dan donor darah tersebut, pengurus IKA Unhas Kalbar bersama panitia melaksanakan rapat perencanaan yang dipimpin oleh Sekretaris IKA Unhas Kalbar yang juga panitia pengarah, Surya Widiyananta.S.Si, Senin (5/08/2024) di Sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999, Pontianak Selatan.

Rapat pemantapan kegiatan Baksos dan donor darah IKA Unhas Kalbar, dipimpin oleh Panitia Pengarah yang juga Sekretaris IKA Unhas Kalbar, Surya Widiyananta.S.Si, (kedua dari kiri), Wakil Ketua I Dr. Andi Khairil (kiri) Wakil Ketua III Dr Ishak. (Dok. panitia)

Juga hadir, Wakil Ketua I IKA Unhas Kalbar, Dr. Andi Khairil, Wakil Ketua III, Dr. Ishak, Wakil Sekretaris Muliadi, S.Si, M.Si, dan Bendahara, Hj. Wina Handayani, SE. MM.

Dari jajaran panitia, dr. Joni Parinding, Sp.PK; Andi Tenri, S.Si, M.Kes; Fitriani, SKM, M.Epid; M. Ikhsan, S.P., M.Si; Warsida, S.Si., M.Si, Dr. Andi Ikhwan, M.Si; Sumarni, SP; Isnarwati, SP, dan Hassanuddin, SP sebagai OC.

Ketua Bidang Kesehatan Pengurus Wilayah IKA Unhas Kalbar yang juga ketua panitia, dr. Joni Parinding, Sp.PK. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dan mendukung kebutuhan stok darah di wilayah Kalbar, khususnya di Kota Pontinak.

“Acara bakti sosial dan donor darah ini merupakan wujud perhatian pengurus dan keluarga besar IKA Unhas Kalbar terhadap kekurangan stok darah segar di Kalimantan Barat. Kami mengajak seluruh pengurus dan keluarga besar IKA Unhas untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ujar dr. Joni.

Ketua Bidang Kesehatan Pengurus Wilayah IKA Unhas Kalbar yang juga ketua panitia, dr. Joni Parinding, Sp.PK. (Foto: Ist.)

Kegiatan Baksos ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024 mulai pukul 07.30 WITA hingga selesai, bertempat di Sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999, Pontianak Selatan.

Dokter Joni menambahkan, kegiatan donor darah dan Baksos ini merupakan kegiatan Kolaborasi untuk Negeri di bidang Kesehatan, kerja sama antara IKA Unhas Kalbar, PMI Kalbar, IKA yang berada di Kalbar, serta kelompok entitas budaya Sulsel yang ada di Kalbar.

Untuk memaksimalkan keikutsertaan anggota IKA Unhas Kalbar dalam kegiatan donor darah ini, panitia telah menyebarkan formulir pendaftaran secara online.

Calon peserta yang telah mendaftar, selanjutnya akan diverifikasi oleh tim kesehatan yang telah dibentuk.

“Sebelum melakukan donor darah, para pendaftar terlebih dahulu menjalani skrining,” ujar dr. Joni.

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Kalbar, Dr. Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si mengatakan, kegiatan sosial bidang kesehatan ini sangat menekankan mengenai pentingnya semangat gotong royong dan kepedulian sosial, dalam mendukung kesehatan masyarakat lewat kegiatan yang terukur.

“Kegiatan dibuat lebih kreatif dengan memadukan donor darah dengan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada warga yang telah mendonor. Tentunya program ini akan sangat menarik bagi masyarakat,” ujar H. M. Toasin.

Ketua IKA Unhas Kalbar itu juga berharap, agar panitia Baksos dan donor darah ini menyediakan pelayanan tambahan berupa pemeriksaan penyakit tidak menular secara gratis, seperti pemeriksaan kolesterol, triglicerida, asam urat serta pemeriksaan kesehatan lainnya.

Guna menyemarakkan dan menyukseskan kegiatan IKA Unhas Kalbar itu, H.M. Toasin mengimbau seluruh keluarga besar IKA Unhas Kalbar serta kelompok-kelompok masyarakat, agar berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam kegiatan sosial ini. (sur)