KABARIKA.ID, PANGKEP–Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (LP2KI) Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin berhasil mengirim tim pertama yang lolos pendanaan PPK Ormawa 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pencapaian ini menandai tonggak bersejarah bagi Langkah Berani Tim PPK Ormawa UKM LP2KI Fakultas Hukum UNHASmenunjukkan komitmen mereka dalam mendukung pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan pengabdian Program Pengembangan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), terlaksana mulai tanggal 29 s.d 31 Juli 2024

Pada Senin, 1 Juli 2024, tim PPK Ormawa UKM LP2KI Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan dan program yang akan dilaksanakan kedepannya di Pulau Satando, Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Acara ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk seluruh tim pelaksana PPK Ormawa UKM LP2KI, Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa Mattiro Baji yakni Bapak Nasir A.Md, Founder Forum Cendekia Maritim yang berperan sebagai mitra yaitu Yusril S.H, Kepala dusun, Ketua RT, serta para tokoh masyarakat dan warga Pulau Satando.

Kehadiran mereka menunjukkan dukungan kuat dari berbagai pihak terhadap inisiatif pendidikan ini.

Selama sosialisasi, tim PPK Ormawa UKM LP2KI memaparkan program pendidikan bberkelanjutan yang akan dilaksanakan selama beberapa bulan ke depan.

Program ini mencakup pelatihan literasi dasar bagi anak-anak dan pelatihan penggunaan media digital seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint bagi remaja di Pulau Satando.

Inisiatif ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dasar yang penting dalam dunia pendidikan dan pekerjaan modern.

Ketua Program PPK Ormawa UKM LP2KI Muh Nur Mazrur Mazhar Tajuddin mengatakan bahwa Tujuan dari Program Sudut Aksara dari PPK Ormawa LP2KI merupakan salahsatu kegiatan pengabdian yang bertujuan mengatasi buta aksara di Pulau Satando.

“Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi buta aksara di Pulau Satando, Kab. Pangkep,” tutur Ketua Muh Nur Mazrur Mazhar Tajuddin.

Selain itu Ketua program PPK Ormawa UKM LP2KI ini juga menjelaskan bahwa target audiens yang kemudian akan diberikan edukasi yaitu anak SD, SMP, SMA dan anak-anak remaja

“Anak-anak SD akan diajari literasi dasar dan motivasi belajar, sementara remaja SMP dan SMA akan dilatih dalam teknologi, informasi, komunikasi, dan mengajar literasi dasar. Dan anak-anak Remaja akan membentuk Forum EduAksi sebagai pengajar muda untuk melanjutkan program ini,” jelas Muh Nur Mazrur.

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas hidup dan peluang ekonomi di Pulau Satando.

“Dengan memberikan akses dan pengetahuan tentang pendidikan yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam mendukung dan mendorong anak-anak mereka untuk belajar,” katanya.

Melalui program ini, UKM LP2KI Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tidak hanya menunjukkan keberhasilan akademis, tetapi juga dedikasi dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Pencapaian ini menjadi bukti bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk membuka peluang dan meningkatkan kesejahteraan di komunitas lokal.

Tim PPK Ormawa UKM LP2KI berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan masyarakat dan berbagai pihak terkait untuk mewujudkan visi pendidikan berkelanjutan di Pulau Satando Pangkep.