KABARIKA.ID, MAKASSAR – Selasa (24/9/2024) sebanyak 85 anggota DPRD Sulawesi Selatan terpilih periode 2024 akan dilantik di ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sekretaris DPRD Sulsel M Jabir mengungkapkan, pelantikan akan digelar Selasa (24/9/2024), pukul 08.00 Wita, yang pengambilan sumpah jabatannya, akan dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Makassar H Zainuddin.

“Para anggota dewan terpilih itu juga sudah menggelar gladi bersih pelantikan kemarin, Minggu (15/9/2024),” ungkap Jabir, Senin (16/9/2024).

Ia menambahkan, bagi anggota DPRD Sulsel yang dilantik nanti, hanya satu orang undangan yang bisa mendampingi masuk ke ruangan, lantaran kapasitas ruangan rapat paripurna sangat terbatas.

“Tetapi keluarga bapak ibu anggota dewan kami siapkan tempat di fraksi masing-masing,” tambah Jabir.

Setelah pelantikan, para anggota dewan terpilih diwajibkan mengikuti orientasi. Ini merupakan salah satu syarat legislator saat ingin berkegiatan.

“Kalau tidak mengikuti orientasi tidak boleh ikut berkegiatan, kami sudah komunikasi di Diklat Kemendagri, kita dikasih waktu pada 30 September sampai 4 Oktober,” kata Jabir.

Terpisah, pihak Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) juga bakal mengamankan pelantikan anggota DPRD Sulsel terpilih. Polda juga menggelar geladi bersih untuk pengamanan pelantikan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Didik Supranoto, memastikan kesiapan pengamanan pelantikan. Dia pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi yang aman dan damai selama pelantikan ini berlangsung. (*)