KABARIKA.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (22/9/2024) menetapkan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan akan bertarung di Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Sulawesi Selatan 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Keduanya yaitu pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi yang diusung NasDem, Gerindra, Golkar, PAN, PKS, Demokrat, Hanura, PSI, Gelora, dan Perindo. Dan Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad yang diusung PDI Perjuanga, PPP dan PKB.

Penetapan pasangan calon kepala daerah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi melalui rapat pleno tertutup di Hotel Claro Makassar, dipimpin Ketua KPU Sulsel Hasbullah.

“Alhamdulillah, berita acara semua sudah di tanda tangani oleh tujuh pimpinan KPU Sulsel. Tadi juga kami sudah bacakan surat keputusannya,” kata Hasbullah, didampingi Anggota KPU Sulsel lainnya, yaitu Tasrif, Upi Hastati, Romi Harminto, Ahmad Adiwijaya, Hasruddin Husain, dan Marzuki Kadir.

Setelah penetapan paslon ini, masih ada satu tahapan lanjutan sebelum kampanye, yaitu pencabutan nomor urut. “Kami lakukan besok, Senin (22/9/2024) dirangkaikan kampanye damai,” lanjut Hasbullah

Melihat kondisi tempat yang disiapkan, KPU hanya memfasilitasi paslon bersama tim dan parpol pendukung itu masing-masing 100 orang. Terus teman media sekitar 85 orang.

“Untuk persiapan proses pencabutan nomor urut, KPU Sulsel akan rapat koordinasi bersama tim paslon, parpol serta aparat keamanan tentang teknis dan pengamana agar pelaksanaan kegiatan berlangsung aman dan lancar,” sebut Hasbullah. (*)