KABARIKA.ID, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4, memasuki semester 2 tahun 2024, berhasil mencatat pertumbuhan positif untuk semua capaian kinerja operasional secara konsolidasi dengan trend peningkatan yang cukup baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Secara konsolidasi Pelindo Regional 4 mengalami pertumbuhan arus kapal sebesar 6% atau menjadi 296.358.996 Gross tonnage (GT) dibandingkan periode yang sama di 2023 lalu.

Pertumbuhan kinerja hasil konsolidasi yang cukup signifikan berasal dari capaian arus barang yakni sebesar 74%. Yaitu dari 29.284.905 ton/m3 di awal semester 2 tahun lalu, menjadi 50.952.723 ton/m3 pada awal semester 2 tahun ini.

Capaian tersebut merupakan buah hasil kerja keras dan komitmen seluruh Manajemen Pelindo untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mendukung perekonomian nasional, terutama di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dengan kinerja yang terus meningkat, Pelindo Regional 4 berkomitmen, menjadi salah satu pelopor dalam sektor logistik dan pelabuhan di Indonesia.

“Perusahaan akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat posisi sebagai garda terdepan dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional,” terang Abdul Azis, Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Minggu (22/9/2024).

Sedangkan untuk pertumbuhan arus peti kemas, mengalami peningkatan kinerja secara konsolidasi sebesar 11% atau menjadi 1.624.560 TEUs pada awal semester 2 tahun ini.

Dari sisi arus penumpang kapal, secara konsolidasi Pelindo Regional 4 juga mencatat pertumbuhan sebesar 8%. Dibandingkan awal semester 2 tahun lalu, pada periode yang sama tahun ini jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan di Regional 4 menjadi 4.835.965 orang.

Division Head Pelayanan Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M Palesang menambahkan, ada beberapa faktor pemantik capaian kinerja yang cukup positif tersebut.

Dari sisi arus kapal ujar dia, salah satu pemicunya adalah meningkatnya kegiatan kapal jenis general cargo dan tugboat/tongkang di Cabang Tanjung Redeb.

“Kemudian meningkatnya kunjungan kapal jenis roro, general cargo, penumpang, tugboat/tongkang di Cabang Balikpapan, meningkatnya kunjungan kapal jenis peti kemas, roro, curah kering di Pelabuhan Parepare, serta meningkatnya kunjungan kapal di Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Kendari juga menjadi penyebab peningkatan kinerja di awal semester 2 tahun ini,” sebut Yusida.

Selanjutnya, meningkatnya pengiriman barang melalui peti kemas di Pelabuhan Samarinda dan Terminal Kaltim Kariangau Terminal (KKT) untuk supply kebutuhan proyek di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN), dan untuk kebutuhan barang konsumsi di wilayah Kalimantan Timur menjadi salah satu alasan peningkatan kinerja dari sisi arus peti kemas. (*)