KABARIKA.ID, MAROS — Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Subdirektorat Sistem Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Kesejahteraan (K3K) Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) melakukan Inspeksi Rutin dalam Rangka 730 Hari K3K Unhas di Hutan Pendidikan Bengo-Bengo, Sabtu (21/09/2024) di Desa Limapocoe, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Alumni, dan Sistem Informasi Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum, Dekan Fakultas Kehutanan Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU., Direktur SDM, Dr, dr. Idar Mappangara, Sp.PD, Kasubdit Sistem Jaminan K3K, Prof. Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM, M.Kes, dan para Duta K3K dari seluruh perwakilan fakultas dan unit kerja pada lingkup Unhas.

Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum memberikan sambutan pada acara Inspeksi Rutin dalam Rangka 730 Hari K3K Unhas di Hutan Pendidikan Bengo-Bengo, Sabtu (21/09/2024) di Desa Limapocoe, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. (Foto: Humas Unhas)

Direktur SDM Unhas Dr. Idar Mappangara mengungkapkan, hadirnya kegiatan ini sebagai momen syukur hadirnya Duta K3K selama dua tahun ini. Ia juga memaparkan urgensi hadirnya K3K sebagai pencegahan.

“Pencegahan lebih baik daripada pengobatan, dan dalam konteks K3K ini berarti kita harus proaktif dalam mengidentifikasi risiko sebelum dampaknya terasa,” ungkap Dr. Idar.

Sebagai tuan rumah, Dekan Fakultas Kehutanan Dr. A. Mujetahid M. mengungkapkan penghargaannya terhadap K3K Unhas.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras tim K3K Unhas. Sejak awal berdiri, Fakultas Kehutanan medukung hadirnya K3K, kami di Kehutanan juga mempelajari prinsip keselamatan kerja,” ucap Mujetahid.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni, dan Sistem Informasi, Prof. Farida Patittingi mengatakan, kegiatan ini juga hadir sebagai ajang silaturahmi bagi para Duta K3K Unhas.

“Kegiatan ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk berkumpul, bertukar pikiran, dan memperkuat kerja sama antar-Duta K3K di Fakultas dan Unit Kerja Unhas. Ini adalah bagian dari upaya kita untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan kerja yang aman dan nyaman di Unhas,” tutur Prof. Farida.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemamaparan materi mengenai tanggap darurat, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Jenis-Jenis Bahaya, Pemaparan macam-macam pohon dan tindakan pemangkasan, serta Penerapan Upaya Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Kampus (PUPK). (*/mr)