KABARIKA.ID, JAKARTA — Penyanyi juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama, Fatin Shidqia, atau yang akrab disapa Fatin, tentunya bukanlah nama baru di dunia musik Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Karier bernyanyi solois kelahiran 30 Juli 1996 ini terbentang luas. Kini, berselang setahun setelah single sebelumnya, “Jangan Tersesat, Sayang”, Fatin siap kembali menghibur penggemarnya melalui lagu terbaru yang ia buat bersama Clara Riva, “Kita Sama-Sama Tau”.

“Ini kolaborasi pertama aku dengan Clara dalam menulis lagu dan aku bersyukur karena prosesnya berjalan dengan lancar. Jadi, aku yang dapat melodi reff-nya terlebih dulu, baru dibantu oleh Clara. Liriknya pun kami tulis berdua,” Fatin menjelaskan di Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Menariknya, melodi lagu ini didapat Fatin saat sedang mudik Lebaran tahun ini dan tidak ia sangka akhirnya menjadi satu lagu utuh yang siap diperdengarkan ke seluruh pencinta musik Indonesia.

“Kita Sama-Sama Tau” sendiri masih mengangkat tema seputar cinta, yaitu tentang orang-orang yang tahu kalau ada benih-benih cinta yang tumbuh di antara mereka, namun karena beberapa faktor, akhirnya lebih memilih menunggu waktu yang tepat agar bisa bersama.

Tentunya, kisah yang diangkat Fatin ini akan terasa dekat dengan banyak orang, terutama bagi mereka yang pernah ada di posisi tersebut.

“Kalau diminta untuk menggambarkan lagu ini dengan satu kalimat, aku akan jawab “hubungan tanpa status”. Jadi, keduanya sudah sama-sama tahu kalau saling suka, tapi belum bisa bersatu,” kata Fatin.

Semoga lagu ini bisa mewakili perasaan orang-orang yang sedang berada atau pernah mengalami situasi ini. Dan, semoga kesabaran menunggu kalian bisa membuahkan hasil yang terbaik.

Fatin menyebutkan bahwa single barunya ini menawarkan hal yang berbeda dari lagu-lagu sebelumnya, terutama dari segi lirik.

“Di sini, aku mencoba menulis lirik lagu yang to the point sehingga siapa pun yang mendengar akan langsung menangkap makna dan pesan yang ingin aku sampaikan melalui lagu Kita Sama-Sama Tau,” katanya.

Sejujurnya, tambahnya, penulisan lirik yang gamblang banget ini ternyata tidak mudah. Ini justru menjadi tantangan bagiku yang awalnya ragu di awal-awal menulis.

“Tapi, berkat dukungan dan bantuan dari Clara, akhirnya aku bisa menulis lirik yang aku inginkan,” lanjut Fatin menerangkan.

Jarak perilisan single “Jangan Tersesat, Sayang” dan “Kita Sama-Sama Tau” terhitung cukup jauh dan itu diakui Fatin sendiri.

“Ya, jaraknya memang agak lama karena laguku sebelum ini rilis pada November 2023 dan aku baru menghadirkan single baru lagi di Oktober 2024. Itu karena aku butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan ide dan menulis lagu itu,” ungkap dia.

Namun, dengan jarak sepuluh bulan ini, termasuk proses pengerjaannya, mulai dari rekaman, mixing, hingga mastering, Fatin berharap lagu ini bisa mendapat respon positif dari para pendengarku.

“Dan, sekali lagi, orang-orang yang mendengar bisa merasa terhubung dengan lagu ini dan mendapatkan semangat di tengah-tengah situasi mereka yang sedang menunggu,” tutup Fatin.