Kenduri 77 Eratkan Hubungan Anak dan Cucu Pejuang Kemerdekaan Veteran Republik Indonesia

Berita739 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Menyambut HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022, beberapa organisasi sosial kemasyarakatan akan berkolaborasi dalam kegiatan Kenduri 77 yang mengusung tema, “Muliakan Pahlawan” yang dijadwalkan berlangsung dari 13 hingga 17 Agustus 2022.

Untuk mematangkan rencana pelaksanaan Kenduri 77 tersebut, panitia dan para keluarga pejuang mengadakan pertemuan, Selasa (2/08/2022), bertempat di UPTD (Unit Pelayanan Terpadu Daerah) Benteng Sumba Opu yang juga merupakan Perpustakaan Pattingalloang.

Keluarga pejuang yang hadir adalah H. Mohammad Yahya Daeng Nai dari keluarga Abdullah Daeng Sirua, Baharuddin Daeng Nai dari keluarga Dangko, Abd. Rasyid Coa Daeng Ngappa dari Katjong Daeng Lalang, Kapten M. Ali Daeng Gassing sebagai pendiri LAPTUR & Laparinta Daeng Rau, veteran pejuang Talamangape Gowa diwakili cucunya, Bachtiar Adnan Kusuma Daeng Tutu, S.Sos, M.M.

Pertemuan tersebut juga dihadiri sejumlah anak pejuang, aktivis, pegiat literasi, seniman, ormas, dan berbagai komunitas seni budaya.

Abdul Rasyid Coa Daeng Gappa yang juga ketua PPM (Pemuda Panca Marga) kabupaten Gowa mengatakan, kegiatan ini akan melibatkan anak dan cucu keturunan veteran pejuang RI dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI.

“Dalam acara ini kami pengusulkan agar diikutkan satu orang atau lebih dari masing-masing keturunan mewakili orang tuanya yang veteran asli, yang namanya sudah diabadikan sebagai nama jalan di Sulsel,” tutur Rasyid.

Kegiatan ini, lanjut Rasyid, merupakan bentuk perhatian agar penetapan veteran di Sulsel bisa ditertibkan.

“Usulan ini dilakukan dengan mempertimbangkan adanya veteran palsu atau rekayasa yang terdaftar dan mendapat santunan di kantor LVRI,” tandas Rasyid.

Kegiatan ini diharapkan sebagai awal terbangunnya silaturahmi dengan sesama anak dan cucu para veteran. “Semoga dengan terjalinnya komunikasi ini dapat membawa kebaikan pada kita semua sebagai keturunan veteran pejuang Sulsel,” harap Rasyid.

Berbagai kegiatan yang akan digelar dalam Kenduri 77 ini, meliputi tapak tilas, berbagai lomba bertema pahlawan, karnaval veteran pejuang perang kemerdekaan RI Sulsel keliling kota Makassar, dan ramah tamah veteran dengan Pangdam XIV/Hasanuddin. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *