Persiapan Panitia Maksimal, IKA Unhas Siap Gelar Baksos Kesehatan di Bone

Berita509 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Panitia bakti sosial (Baksos) kesehatan IKA Unhas kembali menggelar rapat untuk memfinalisasi segala persiapan penyelenggaraan kegiatan Baksos di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, bertempat di AAS Building Lt. 3, Rabu (10/8/2022).

Rapat dihadiri seluruh unsur kepanitiaan bersama mitra dan pendukung kegiatan, yakni Dinas Kesehatan Sulsel, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P3A) Sulsel, Dinas Sosial Sulsel, Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Sulsel, BKKBN Sulsel, Rumah Sakit Labuang Baji, Rumah Sakit Haji, Rumah Sakit Haji, Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi, Rumah Sakit Sayang Rakyat, Rumah Sakit Ibu dan Anak Fatimah, Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi, serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut.

Ketua umum (Ketum) IKA Unhas Dr Ir H. Andi Amran Sulaiman, MP yang hadir sebelum rapat dimulai, memberikan arahan kepada panitia sekaligus mengecek segala persiapan dan kebutuhan panitia di lokasi kegiatan.

Suasana rapat finalisasi Baksos dihadiri oleh SKPD dan Instansi terkait di AAS building, rabu, 10/8/22
Suasana rapat finalisasi Baksos dihadiri oleh SKPD dan Instansi terkait di AAS building, rabu (10/8/22)

Khusus untuk kebutuhan makanan panitia pusat dan panitia lokal selama berasa di lokasi kegiatan, Ketum IKA Unhas menjamin ketersediaan bahan makanan yang memenuhi standar gizi dan nutrisi.

“Makanan seluruh panitia harus berkualitas dan bergizi. Kalau makanan pantia saja tidak terjamin kualitasnya, bagaimana dengan rakyat di bawah,” ujar Ketum.

Untuk kebutuhan lauk yang bergizi dan bernutrisi, Ketum telah menyiapkan tiga ekor sapi untuk dipotong, 400 ekor ayam potong, dan 500 kg ikan segar.

“Panitia nanti disiapkan makanan dengan cara prasmanan dan tersedia selama 24 jam. Siapa saja bisa makan, kapan saja dia mau,” ujar Ketum.

Ketum juga mengharapkan seksi acara mempersiapkan acara hiburan agar panitia, terutama tenaga kesehatan tidak merasa capek dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan. “Kita perlu bersenang-senang dan merasa nyaman,” ujar ketum.

Acara hiburan nantinya akan diisi dengan bergam permainan dan Ketum menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Sosial Sulsel juga memaparkan kepada Ketum tentang kesiapannya mendukung kegiatan. Dinas Sosial Sulsel akan menyiapkan dapur umum untuk menyediakan makanan kepada seluruh panitia pusat dan panitia lokal serta seluruh pendukung kegiatan.

Dinas Sosial mulai hadir di lokasi kegiatan di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, mulai Jumat pagi. Kepada Ketum, Kadinsos juga menguraikan daftar menu makanan yang bakal disajikan kepada panitia dan pendukung acara selama berada di lokasi.

Rapat yang dilanjutkan setelah salat Ashar dan dipimin oleh Sekjen IKA Unhas Prof Dr Yusran Jusuf, fokus pada pengecekan kesiapan setiap seksi dalam melaksanakan kegiatan.

Seluruh seksi melaporkan kesiapannya yang maksimal untuk beraksi di lapangan guna menyukseskan kegiatan Baksos kesehatan ini.

Demikian pula seluruh mitra pendukung kegiatan, baik itu tenaga medis dan keperawatan dari tujuh rumah sakit pemerintah, serta mitra pendukung lainnya dari Balai Farmasi, Dinas Sosial, dan BPBD Sulsel.

Seksi Logistik dan Seksi acara menuju lokasi Baksos pada 20.30 tadi malam
Seksi Logistik dan Seksi acara menuju lokasi Baksos pada 20.30 tadi malam

Panitia lokal juga telah menyampaikan kesiapannya untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan ini, sebagai wujud pengabdian IKA Unhas kepada masyarakat sekaligus merealisasikan kerja kolaboratif.

Pada saat rapat sementara berlangsung, bantuan paket dari BNI sebanyak 300 paket juga telah tiba AAS Building.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Baksos Kesehatan ini terdiri dari operasi celah bibir dan lelangit dengan sasaran 50 orang, operasi katarak dengan target 100 orang, sirkumsisi (sunatan) dengan menarget 100 orang anak, pemeriksaan gigi dan mulut dengan target 100 orang, pemeriksaan ibu hamil untuk 50 orang, penyegaran (_refreshing_) kader (Posyandu, TPK, KPM, dan PKK Desa) dengan target 300 orang, serta Germas dan pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan penyakit tidak menular dengan sasaran 400 orang.

Semalam jam 20.30 WITA ketua seksi logistik Kahar Gani dan anggota seksi acara, Suharman Usman, telah bertolak menuju lokasi kegiatan dengan membawa logistik berupa, lampu untuk penerangan lapangan, umbul-umbul serta sumbangan Al Qur’an sebanyak 200 eksemplar dari Kesra Pemprov Sulsel.

Kerja kolaboratif yang menyatukan berbagai kemampuan dan kekuatan dari berbagai elemen akan menjadi energi penggerak kesuksesan Baksos Kesehatan IKA Unhas ini, yang melibatkan mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas yang berada di Kabupaten Bone. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *