Dibanjiri Peminat, Lomba Bernuansa Edukasi dan Religi pada Baksos Kesehatan IKA Unhas

Berita455 Dilihat

KABARIKA.ID, MAPPESANGKA – Panitia Baksos Kesehatan IKA Unhas yang dilaksanakan di Desa Mappesangka, Kabupaten Bone, menggelar berbagai lomba yang bernuasa edukasi kesehatan bagi masayrakat dan nuansa religi bagi anak-anak, Sabtu (13/8/2022).

Lomba yang bertujuan meningaktkan pengetahuan masyarakat tentang hidup sehat dan berkualitas dalam konteks Germas, dipandu oleh tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya.

Demikian pula lomba yang berdimnesi religi dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan penghayatan anak-anak tentang ajaran Islam, khususnya dalam memahami ilmu dan adab membaca Al Quran.

Lomba Isi Piringku

lomba ini sejalan dengan salah satuan tujuan Germas, yakni memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga. Lomba isi piringku makanan sehat diikuti 15 peserta, yaitu Puskesmas Ponre, SD Inpres 6/75 Ponre, dusun Dekko, dusun Tellang, dusun Bentenge, dusun Buddonge, dusun Karoppa, dusun Cakkewatu, SMK Negeri 9 Bone, dusun Maccope, dusun Cinnong, dusun Pakkita, TK Temmangi dusun Mappesangka, dan masyarakat dusun Bakunge, desa Mappesangka.

Setelah melalui penilaian yang cemat, tm juri kemudian menetapkan empat tim yang berhasil meraih predikat juara. Juara I diraih SD Inpres 6/75 Ponre dengan nilai 159, juara II adalah SMK Negeri 9 Bone dengan nilai 158, juara III utusan Dusun Bentenge dengan nilai 158, sedangkan juara favorit adalah utusan dusun Maccope dengan nilai 153.

Lomba Senam Germas

Lomba senam Germas (gerakan masyarakat hidup sehat) yang bertujuan mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat. Salah satu tujuan Germas adalah meningkatkan aktivitas fisik secara teratur dan terukur.

Lomba senanm Germas diikuti 13 tim dari berbagai dusun di wilayah kecamatan Ponre. Setelah seluruh tim senam menampilkan performanya secara sempurna, tim juri kemudian menetapkan empat tim sebagai pemenang. Juara I diraih tim JJ Squad dengan nilai total 775, disusul juara II tim Cecan DPC dengan nilai 740. Sedangkan juara III diraih tim Maguy DPC dengan nilai 715. Adapun juara favorit diraih tim SD Inpres 10/73 desa Mappesangka.

Lomba Balita Sehat

Lomba Balita sehat diikuti 36 orang Balita dari masyarakat umum yang secara mandiri mandaftarkan bayinya untuk mengikuti lomba. Para peserta dibagi dalam dua kategori berdasarkan umur, yaitu umur 6-24 bulan dan umur 24-60 bulan.
Kriteria penilaian antara lain status kesehatan, faktor tumbuh kembang, serta status imunisasi.
Variabel yang ikut dinilai terkait orang tua Balita, adalah faktor pendidikan dan pekerjaan ayah dan ibunya. Juga umur ibu saat melahirkan anak pertamanya.

Setelah dilakukan penilaian secara cermat, tim juri menetapkan empat orang Balita sebagai pemenang. Juara I diraih Ainiya Shohwatul Azura anak dari pasangan Sudirman dan Ratna dari dusun Turu Adae dengan nila 935, juara II Rifki Maulana anak dari pasangan Supriadi dan Nurdiana dari dusun Bentenge dengan nilai 925, juara III adalah Hafizh (Satria) anak dari pasangan Syamsu Alam dan Satria dari dusun Cakkewatu dengan nilai 925, dan juara favorit adalah Saiqa Azzahrah anak dari pasangan Syamsu Alam dan Satria dari dusun Cakkewatu dengan nilai 855.

Lomba Azan dan Hafalan Surah Pendek

Gubeenur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberi arahan saat lomba hafalan surah surah pendek dan lomba azan.
Gubeenur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberi arahan saat lomba hafalan surah surah pendek dan lomba azan.

Di bidang keagamaan panitia Baksos Kesehatan IKA Unhas menggelar lomba azan dan hafalan surah-surah pendek bagi santri TPA. Lomba azan diikuti puluhan santri dari berbagai TPA yang ada di Desa Mappesangka.

Setelah dilakukan penilaian, tim juti kemudian menetapkan tiga pemenang. Juara I diraih Ardiansyah Rahman dari TPA Jami Al Hikmah dusun Bakungge dengan nilai 96, juara II Husnul Hidayat dari TPA Nurul Ikhsan dusun Boddonge dengan nilai 88, dan juara III diraih Musmail dari TPA Babul Khasanah dusun Tellang dengan nilai 86.

Adapun lomba hafalan surah-surah pendek diikuti 29 orang santri. Ada tiga kriteria yang nilai pada setiap peserta, yakni tajwid atau mahraj, kelancaran, dan fashah atau adab.
Setelah seluruh peserta menampilkan kebolehannya di depan tim juri dan penonton, tim juri kemudian menetapkan masing-masing tiga orang pemenang pada kelompok putra dan putri.

Pada kategori putra, juara I adalah Taufiqurrahman dari TPA Babul Khair dusun Pakkita dengan nilai 91, juara II diraih Zakhiy Fahrezi Amsyar dari TPA Jami Al Hikmah dusun Bakunge dengan nilai 80, dan juara III diraih Taswing dari TPA Babul Khasanah dusun Tellang yang meraih nilai 74.

Sedangkan pada kategori putri, juara I diraih Annisah dari TPA Babul Khasanah dengan nilai 90, juara II adalah Andi Alifah dari TPA Nurul Ikhlas dusun Boddonge yang mengumpulkan nilai 72, dan juara ketiga diraih Ruqiah dari TPA Nurussalam dusun Karoppa dan berhasil mengumpulkan nilai 71.

Para juara menerima hadih berupa piala, piagam dan uang tunai. Para orang tua yang anaknya berhasil meraih juara merasa senang dan bangga dengan adanya kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh IKA Unhas ini. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *