Penyegaran Kader Diikuti 254 Peserta

Berita569 Dilihat

KABARIKA.ID, MAPPESANGKA – Kegiatan penyegaran (refreshing) kader diikuti 254 orang kader Posyandu dan kader PKK dari sembilan desa di wilayah kecamatan Ponre, kabupaten Bone.

Tujuan penyegaran kader adalah untuk meningkatkan kapasitas kader dalam program 1000 hari pertama kehidupan, untuk mencegah stunting.

Nutrisi pada usia 6-24 bulan 1.000 hari pertama kehidupan anak adalah periode antara saat pembuahan/konsepsi hingga usia dua tahun.

Menurut dr Meisy Papayungan, periode ini sangat unik karena berdampak besar terhadap perkembangan anak jangka panjang, di mana sel-sel otak berkembang sangat pesat dan pembentukan koneksi antar sel saraf terjadi sangat cepat.

“Pada fase periode emas ini, faktor nutrisi dan lingkungan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak, terutama pembentukan otak, sistem pencernaan, metabolisme, dan imunitas tubuh. Oleh karena itu, nutrisi yang esensial dan cukup berperan penting dalam menentukan kesehatan dan perilaku anak di masa depan,” ujar dr Meisy.

Materi yang disajikan dalam kegiatan penyegaran kader ini meliputi kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi, imunisasi, pengasuhan dan perlindungan anak.

Sedangkan narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Sulsel. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *