Kenduri 77 Tahun di Benteng Somba Opu: Muliakan Pahlawan

Berita392 Dilihat

KABARIKA.ID, GOWA — Hari Kemerdekaan RI ke-77 patut menjadi pengingat betapa besar dan berat perjuangan para pahlawan kita. Hari ini 17 Agustus 2022, perjuangan itu diperingati dengan kegiatan Kenduri 77 tahun Indonesia Merdeka memilih tema “Muliakan Pahlawan”.

Kenduri 77 merupakan rangkaian kegiatan yang menjadikan momen Dirgahayu Hari Proklamasi Kemerdekaan RI sebagai momen aktualisasi nilai-nilai kejuangan para pahlawan bangsa yang akan selalu diingat dan dikenang.

Kegiatan Kenduri 77 tahun ini kerjasama Kodam XIV Hasanuddin, PP IKA UNHAS, Pemuda Panca Marga (PPM) dan keluarga perintis/pejuang kemerdekaan NKRI telah melakukan berbagai kegiatan antara lain; penanaman pohon, napak tilas para pahlawan (touring jejak pahlawan), tudang sipulung dan banyak lagi kegiatan lainnya.

PENANAMAN POHON
Salah satu kegiatan Kenduri 77 tahun ini adalah penanaman pohon dilaksanakan di kawasan Taman Budaya Benteng Somba Opu, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulawesi Selatan. Selasa 16 Agustus 2022.

Penanaman pohon merupakan kegiatan kolaborasi antara Kodim 1409 Kab Gowa dan berbagai pihak. Pada penanaman pohon, Danramil 1409-05 Pallangga Kapten Inf. Basri mewakili Kodim 1409 Gowa dan PP IKA UNHAS diwakili Ketua Harian Rahman Pina dan UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu langsung dihadiri oleh Kepala UPT Yessy Yoanna.

”Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian IKA UNHAS untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan kita yang makin tergerus,” kata Ketua Harian IKA UNHAS, Rahman Pina, yang biasa disapa RP.

Menurut RP, sejatinya kawasan Somba Opu adalah miniatur Sulawesi Selatan, seperti halnya taman mini Indonesia. “Itulah sebabnya di kawasan ini semua daerah punya rumah adat,” kata RP.

Dulu, tambahnya, di kawasan ini sering digelar pameran dan kegiatan budaya. Hanya saja, kawasan ini belum dikelola optimal.

”Tapi alhamdulillah pak Gubernur sangat mendukung pengembangan kawasan ini ke depan. Ini tentu akan mendapat dukungan penuh Ika Unhas,” kata Rahman Pina yang juga Ketua Komisi E DPRD Sulsel.

Pada kesempatan yang sama, Kapten Inf. Basri menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Kenduri 77 tahun kemerdekaan. Pihaknya telah menurunkan tim untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon.

Adapun jumlah bibit yang ditanam pada lokasi berjumlah 500 bibit yang merupakan bantuan dari Balai Penelitian Tanaman Hutan ( BPTH) Sulawesi. (royes).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *