Baksos Katarak IKA Unhas di Bone, AAS Kirim 7 Dokter Ahli Mata

Berita540 Dilihat

KABARIKA.ID, BONE -Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas menggelar bakti sosial (Baksos) operasi katarak di RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone, Sabtu 20 Agustus 2022.

Operasi katarak masih menjadi rangkaian baksos di Dusun Bakungnge Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Sabtu pekan lalu.

Baksos hari ini melibatkan 7 dokter ahli mata dari Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI). Dokter ahli yang dilibatkan diantaranya dokter Sarah, Dokter Ikhsan dan Dokter Nabita.

Pemeriksaan pasien katarak
Pemeriksaan pasien katarak

Penanggungjawab, drg Mughnirati didampingi Ichi Indrawan mengatakan, baksos katarak di RSUD Tenriawaru digelar dua hari.

“Jadi pelaksanaannya dua hari, sampai besok (Minggu 21 Agustus 2022),” katanya.

Ia menyebutkan, ada 18 pasien yang menjadi sasaran operasi katarak. “Kemarin di Mappesangka ada 200 warga yang di screening. Dan untuk operasi katarak ada 18 pasien,” ucapnya.

Panitia baksos, Ichi Indrawan menyebutkan, warga yang disentuh berasal dari keluarga kurang mampu.

“Ini menjadi program rutin dan pengabdian IKA Unhas ke masyarakat,” tukasnya.

Sebelumnya Kepada wartawan, Ketua IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman menyebutkan jika baksos menjadi program rutin IKA Unhas. Khusus baksos di Mappesangka pada Sabtu pekan lalu, ada banyak kegiatan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, intervensi gizi buruk dan stunting.

“Terima kasih kepada panitia pelaksana pemprov dan pemda yang mendukung sehingga baksos ini bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

Menteri Pertanian RI di periode pertama Jokowi-JK itu juga menyebutkan, ada program khusus yang sementara digagas IKA Unhas. Yakni pengentasan kemiskinan ekstrem. “Kita kerjasama dengan kementerian terkait. Daerah-daeah yang masuk kategori miskin ekstrem, kita lakukan lakukan pendampingan. Kita bantu mereka,” ucapnya.

*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.