Alumni Unhas Kaltara Konsultasi Ke PP IKA Untuk Membentuk IKA Wilayah

Berita496 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Upaya pembentukan IKA Unhas Wilayah di Indonesia semakin bergeliat. Salah satu contoh provinsi yang hendak membentuk IKA wilayah yakni di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal tersebut terlihat saat salah seorang alumni Unhas asal Kaltara, A. Amri Ampa menemui pengurus PP IKA Unhas di sekretariat PP IKA Unhas Gedung AAS Building lantai 2 Jln Urip Sumoharjo Makassar, Senin 29 Agustus 2022.

A. Amri Ampa Alumni Administrasi Negara angkatan 93 Universitas Hasanuddin diterima oleh Sekjen PP IKA Unhas Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, Direktur Eksekutif IKA Unhas Salahuddin Alam, Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Suwardi Thahir, dan Muhammad Ruslan perwakilan Komunikasi dan media IKA Unhas.

Kepada pengurus IKA, Amri yang didampingi Wakil Sekretaris Bidang Pendidikan Riset dan Teknologi Nani Harlinda, menceritakan bagaimana antusiasme alumni Unhas di daerahnya cukup tinggi untuk membentuk IKA Kaltara sehingga dirinya berinsiatif ke PP IKA Unhas untuk mendapatkan informasi teknis membentuk IKA setingkat Wilayah.

“Setelah dari sini saya sowan ke dua bupati Alumni Unhas di Kaltara” ujar Amri.

Menurut Amri, dirinya ke PP IKA Unhas untuk menemui pengurus sekadar mencari tahu teknis membentuk IKA sebab sampai saat ini belum pernah terbentuk IKA wilayah kecuali dua kabupaten yang sudah terbentuk IKA yakni Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan Kalimantan Utara.

Ditambahkan, terbentuknya dua IKA di Kaltara saat daerah tersebut masih bergabung dalam provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“sudah ada 192 alumni Unhas yang terdata melalui grup WAG. Ini lu. masih data lama, dua tahun lalu. Saya belum mendata lagi” tambah Amri.

Sementara itu Sekjen PP IKA Prof. Yusran Jusuf menyarankan agar lebih dulu ada insiator untuk membentuk IKA Wilayah Kaltara.

“Inisiator mengajak alumni lain untuk berinisitif membentuk IKA di Kaltara,” pesan Yusran kepada Amri.

Maka dari itu lanjutnya, setelah tiba di Kaltara nanti sebaiknya langsung mengajak alumni Unhas di Kaltara untuk duduk bersama membahas pembentukan IKA Kaltara.

”Setelah terbentuk inisiator yang diinisiasi oleh sejumlah alumni Kaltara barulah menyurat ke PP IKA.

“Nanti PP IKA yang menerbitkan mandat sebagai inisiator pembentukan IKA di Kaltara,” tambah Yusran.

Sementara itu Direktur Eksekutif IKA Unhas Salahuddin Alam berpesan kepada Amri agar setelah melakukan rapat dari para inisiator maka sebaiknya menemui kepala daerah setempat seperti Gubernur.

“Termasuk Kepala Daerah yang beralumni Unhas,” tandas Alam.

Pada kesempatan tersebut, Yusran juga mengungkapkan bahwa selain Kaltara juga sudah ada dua wilayah yang sedang persiapan membentuk IKA wilayah yakni provinsi Sulawesi Utara, Kepri, Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat.

Menyangkut jadwal kegiatan, Suwardi Thahir berpesan supaya panitia melakukan sosialisasi sebelum melaksanakan Muswil agar semua alumni bisa berpartisipasi

”Sebaiknya melakukan sosialisasi di media-media setempat agar syiar kegiatannya sampai ke para alumni. Kalau perlu lakukan kunjungan media,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *