AAS Himpun Dana Abadi Rp 430 juta dan Beri Beasiswa 20 Mahasiswa

Berita958 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR—Ketua Umum IKA Unhas Dr Ir Andi Amran Sulaimman berhasil menghimpun Rp430 juta untuk dana abadi Unhas dan menyerahkan beasiswa kepada 20 mahasiswa dari AAS Foundation pada Fun Walk Dies Natalis ke-66, Universitas Hasanuddin, Minggu, 4 September 2022.

Andi Amran Sulaiman (AAS) memimpin pengumpulan dana abadi, berawal ketika Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi Prof Farida Patittingi tiba-tiba bergegas menghampiri ketua umum IKA Unhas yang akan meninggalkan panggung, agar tinggal sejenak di atas panggung.

Ketua umum IKA Unhas pun urung meninggalkan panggung. Pada saat itulah Warek Prof Farida menyinggung soal pentingnya dana abadi bagi Unhas.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa segera menimpali penyampaian pembantunya itu dengan mengatakan bahwa peringkat universitas ditentukan oleh besarnya dana abadi yang dimiliki.

Oleh karena itu, lanjut rektor, partisipasi alumni Unhas sangat dibutuhkan untuk menambah besaran dana abadi Unhas.

Ajakan rektor itu pun segera disambut oleh Ketum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman. “Sekarang kita mulai dari ujung sana, silakan sebutkan berapa jumlah sumbangannya untuk dana abadi Unhas,” ujar Ketum IKA.

Pejabat Unhas yang ada di ujung sana (deretan ujung timur di panggung-red), kebetulan adalah Direktur Hubungan Alumni dan Pengembangan Dana Abadi Unhas, Dr Andi Muhammad Akhmar, M.Hum.

“Direktur Hubungan Alumni menyumbang Rp 10 juta,” ujar Andi Akhmar melalui pembesar suara yang disambut aplaus oleh hadirin.

Wakil Rektor Prof Farida menyela dengan mengatakan, sumbangan dapat diangsur demi memudahkan alumni untuk menyumbang.

Kemudahan menyumbang itu segera disambut oleh Ketum IKA. “Ketua IKA menyumbang Rp 200 juta. Tahun ini dibayar 100 juta, sisanya tahun depan,” ujar Andi Amran.

Setelah itu, AAS mengundang Yusri, pengusaha dan dosen dari Kalimantan untuk menyumbang. Alumni Faperta 81 itu menyumbang Rp50 juta,Dirut disusul Dirut Perseroda menyumbang Rp 25.

Setelah itu, Prof Farida mengundang ketua DPRD Kota Makassar yang juga ketua IKA Unhas Kota Makassar, bersama anggota DPRD Rahman dan rekannya Ady Ansar untuk naik ke panggung dengan tujuan yang sama.

Ketiga anggota DPRD itu mengumumkan sumbangan untuk dana abadi Unhas, masing-masing Rp 25 juta. Kemudian menyusul alumni Unhas yang ada di BSI (Bank Syariah Indonesia) menyumbang Rp 20 juta.

Memberi Kejutan
Kahadiran Ketum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman di setiap momen acara selalu menghadirkan kejutan yang tidak terduga. Seperti halnya kemarin di atas panggung saat sejumlah alumni diminta menyampaikan secara terbuka jumlah sumbangannya untuk dana abadi Unhas.

Setelah sejumlah alumni menyampaikan besaran sumbangannya, Ketum IKA tiba-tiba menyerahkan amplop berwarna coklat kepada Direktur Hubungan Alumni dan Pengembangan Dana Abadi Unhas, Dr Andi Muhammad Akhmar, M.Hum.

“Ini uangnya silakan dibayar sumbangannya tadi. Gara-gara saya tadi memaksa bapak menyumbang. Saya harus bertanggung jawab,” ujar Andi Amran sambil tersenyum kemudian meninggalkan panggung.

Bisa dipastikan bahwa Andi Muhammad Akhmar tak pernah menyangka kalau dirinya bakal menerima amplop dari Ketum IKA untuk melunasi sumbangannya yang telah diumumkan sebelumnya. Andi Akhmar pun menerima kejutan berupa amplop berwarna coklat itu dengan sumringah. “Terima kasih, terima kasih,” ucapnya dengan penuh kegirangan.

Selesai mengumpulkan dana sebanyak Rp 430 juta, seperti yang diinfokan Andi Akhmar, Rabu, (7/9), Ketua Umum IKA Unhas mengunjungi arena latihan tim voli dan tim takraw.

Bahkan, Andi Amran bersama Rudianto Lallo, Rahman Pina, Ady Ansar sempat bermain voli bersama dengan tim PON dan Poprov, yang diikuti dengan pemberian sumbangan tali-asih kepada tim voli dan takraw.

Turut mendampingi Ketua Umum Andi Amran Sulaiman pada kegiatan itu antara lain, Prof Yusran Jusuf (Sekjen), Prof. Murtir Jeddawi (Bendara Umum), Andi Irwan Patawari (Waketum). Salahuddin Alam (Direktur Eksekutif), Suwardi Thahir (Ketua Bidang Infokom), Ilham Rasyid (Ketua Bidang Usaha dan Dunia Usaha).

Juga hadir pengurus harian lainnya, Sudirman Numba (Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan), Andi Amri (Divisi Pengembangan dan Perberdayaan Koperasi), Sahman AT (Ketua Organisasi dan Keanggotaan), Irwan Ade Syahputra (Ketua Rezeki Mulyadi, Ichia Indrawan (Sekretaris Bidang Pengembangan Masyarakat Milenial) dan Muhammad Ruslan dari Kabarika.id (rus-roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *