IKA Gagas Galangan Kapal dan Kerjasama Bangun Kampus Unhas di Batam

Berita685 Dilihat

KABARIKA.ID, BATAM— Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin dan BP Batam berencana membangun galangan kapal (shipyard) serta bekerjasama dengan Unhas mendirikan kampus di Batam, Kepulauan Riau.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal IKA Unhas Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPM setelah melakukan pembicaraan khusus dengan para alumni, seperti Sudirman Saad, Irwan Addas, Fadli, Asnawi, Wahyudi dan lainnya

Bahkan IKA Unhas akan berpartisipasi dan terlibat langsung dalam pembangunan kampus Unhas, mengingat potensi alumni yang tergabung di IKA Unhas sangat besar.

”Gagasan membangun shipyard untuk melayani kebutuhan dan banyaknya permintaan kapal tongkang maupun kapal yang besar di atasnya,” ujar Yusran Minggu, 18 September 2022 di Batam.

Potensi alumni di Batam, katanya sangat besar, sambil mencontohkan keberadaan Sudirman Saad yang saat ini menjabat sebagai Deputi BP Batam, yang juga anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam.

Sebagai Deputi, tambah Yusran, Sudirman Saad, yang biasa disapa SS memiliki jaringan dan kewenangan yang dibutuhkan untuk mengkolaborasikan kedua rencana tersebut.

”Apalagi Pak SS sangat akrab dengan Wali kota yang juga sebagai Ketua BP Batam,” kata Yusran yang biasa menyampaikan anekdot; harga tak masalah yang penting murah dan jumlah tidak ada masalah asal banyak.

Kapolda Batam Irjen Pol Aris Budiman juga memberi dukungan terhadap berbagai rencana alumni Unhas di Batam karena kedekatan psikologis karena Kapolda adalah putra kelahiran Sidrap.

”Saya yakin Kapolda, Wali kota, Rektor Unhas dan masyarakat Batam, terutama asal Sulsel akan turut serta mempercepat terwujudnya rencana tersebut,” kata Sekjen.

Karena itu imbuh Yusran, yang perlu dilakukan untuk pembangunan shipyard dan kampus adalah kekompakan, sinergi antar-alumni supaya potensi yang ada bisa bergerak.

Alumni teknik, terutama perkapalan yang banyak adalah potensi yang cocok bila mampu bersinergi dengan alumni dari fakultas lain.

Pengurus pusat melihat potensi alumni sebagai satu kesatuan tanpa sekat-sekat yang justru bisa membatasi.

Untuk meningkatkan branding IKA Unhas, seperti yang sering disampaikan Ketua Umum Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P maka alumni yang dipelopori pengurus pusat IKA Unhas harus melakukan lompatan-lompatan pemikiran.

Inisiator pembentukan IKA Kepri dan PP IKA Unhas

Membangun shipyard, tambah Yusran adalah langkah yang dibutuhkan untuk melakukan lompatan-lompatan besar berikutnya.

Sekjen berada di Batam dalam rangka Musyawarah Wilayah Kepri dan Temu Alumni dan Ramahtamah. Yusran bersama tiga PP IKA Unhas lainnya, yakni Andi Irwan Patawari, Sahman AT dan Suwardi Thahir.

Rektor dan BP Batam MoU

Seperti diketahui pada malam ramahtamah juga dilakukan penandatanganan MoU antara Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi sekaitan rencana Unhas menghadirkan kampus baru di kota Batam.

Penandatanganan MoU disaksikan lebih 300-an lebih undangan yang menghadiri Temu Alumni IKA Universitas Hasanuddin Kepulauan Riau, di hotel Best Western Panbil, Sabtu (17/9/2022) malam.

Menurut Rektor langkah untuk menghadirkan kampus Unhas di Batam, telah mendapat persetujuan dari walikota Batam yang juga kepala BP Batam.

“Saya kira ini tidak sulit, deputi tiga BP Batam, Pak Sudirman Saad adalah alumni dan juga dosen aktif Fakultas hukum Unhas,” ungkap Jamaluddin.

Rencana pendirian kampus baru Unhas di Batam dan gagasan shipyard disejalankan dengan pembentukan pengurus IKA Unhas Kepri.

Hasil Musyawarah Wilayah IKA Unhas Kepri memutuskan menyerahkan mandat ke pengurus pusat untuk menunjuk pelaksana tugas ketua.

Saat menyampaikan sambutan, ketua panitia, Asnawi menyatakan jumlah alumni di Batam dan wilayah Kepri 435. Mereka berasal dari berbagai jurusan dan yang paling banyak ialah dari fakultas teknik sebanyak 365 orang,” kata Asnawi.

Nantinya, pelaksana ketua IKA Unhas Kepri yang ditunjuk pengurus pusat akan bertugas menyiapkan kepengurusan untuk satu periode atau empat tahun.

Ketua Panitia Muswil dan temu Alumni IKA Unhas Kepri, Asnawi juga menyatakan kegiatan tersebut merupakan langkah untuk mengakomodir alumni yang ada di wilayah Kepri.

Peserta dan PP IKA Unhas foto bersama

”Alhamdulillah hasil Muswil pimpinan pusat ikatan alumni sudah memberikan restu untuk pembentukan di Kepri,” ujarnya.

Malam Temu Alumni yang digelar Sabtu malam cukup meriah karena dihadiri hampir seluruh alumni yang ada di Kepri.

Hadir pada temu alumni antara lain Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Deputy BP Batam, Sudirman Saad, Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa, Sekjen IKA Prlof. Yusran Jusuf Prof Farida Patittingi, Dr Sawedi, Dr Andi Muhammad Akhmar, rektor perguruan tinggi di Batam dan alumni. (royes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *