Sekjen Yusran: PP IKA UNHAS Fokus Bentuk Pengurus Wilayah

Berita634 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR —Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) mulai fokus membentuk pengurus wilayah di berbagai provinsi untuk mencapai target pengurus wilayah di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) IKA Unhas, Yusran Jusuf yang dikonfirmasi Rabu, 5 Oktober 2022 menyampaikan bahwa PP IKA Unhas akan fokus pada pengembangan dan pembentukan IKA wilayah, di samping menyelesaikan beberapa program yang telah direncanakan.

Untuk itu, sebut Yusran dalam waktu dekat akan dilaksanakan musyawarah wilayah pembentukan IKA Unhas Kalimantan Utara (Kaltara).

‘’Saya kira pengurus pusat akan semakin fokus pada pembentukan IKA wilayah,’’ ujar Yusran, yang pernah menjadi Pj Wali kota Makassar.

Sebagai informasi beberapa waktu lalu alumni Unhas asal Kaltara Andi Amriampa menemui Sekjen dan Direktur Eksekutif Salahuddin Alam di sekretariat IKA Unhas AAS Building Lt. 3, menyampaikan rencana Musyawarah Wilayah IKA Unhas Kaltara.

Andi Amriampa yang didampingi Nani Harlida berkonsultasi untuk pembentukan IKA Unhas Kaltara karena ada dua daerah yang memiliki pengurus IKA, sementara pengurus wilayah belum terbentuk.

Kedua daerah tersebut adalah Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan.

Andi Amriampa yang dihubungi terpisah, Rabu 5 Oktober 2022 menyampaikan bahwa rencana pembentukan IKA Unhas Wilayah Kalimantan Utara terus berproses.

‘’Teman-teman berencana melakukan rapat pendahuluan Minggu ini,’’ kata Andi Amriampa.

Menurut alumni jurusan administrasi ini, pihaknya berusaha menggelar muswil pada Oktober. Apalagi pengurus pusat sudah menerima dan memberi arahan.

Data di kesekertariatan PP IKA Unhas menunjukkan bahwa wilayah yang telah membentuk kepengurusan, baik sebelum maupun ketika IKA Unhas dipimpin Ketua Umum Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P berjumlah 15 Provinsi.

Ke-15 wilayah yang telah memiliki IKA adalah Provinsi Papua,Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, NTB, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jabodetabek dan Sumatera Utara.

Pembentukan IKA Unhas Kalimantan Utara menjadi prioritas karena terlebih dahulu terbentuk IKA Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan. ”Yapi IKA Wilayah Kaltara belum terbentuk,” ungkap Sekjen.

PP IKA DAMPINGI WILAYAH

Lebih jauh Yusran menjelaskan, khusus untuk pembentukan IKA daerah di Sulsel, pengurus pusat masih mendampingi dan menangani pelaksanaan musyawarah daerah, namun perannya dikurangi seperti halnya Musda Kabupaten Enrekang.

Namun, jelas Yusran, setelah Pengurus IKA wilayah dilantik, maka penanganan musda akan beralih dan peran-peran PP sifatnya konsultatif dan pendampingan.

Seperti diketahui pada Musda IKA Kabupaten Enrekang, pengurus pusat dan pengurus wilayah Sulsel secara bersama terlibat dalam pelaksanaan.

PP IKA menugaskan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Sahman AT memimpin tim yang terdiri Ziaul Haq Nawawi, Rahmat Sasmito, Aries Yasin dan Muh Ruslan.

Adapun pengurus wilayah yang bertugas adalah Sekum Hidayah Muhallim, Wakil Ketua M. Ikbal Arifin, Wakil Ketua Ferdi Muchtar, Dewam Pembina Jihamran Muhammad, Ketua Bidang Peternakan Ir Muh. Ramli Rahim, dan Sekretaris Bidang Organisasi dan Keanggotaan Muh. Ilham Dhani.

Kerjasama PP dan Wilayah pada Musda Enrekang akhirnya memilih Mitra Fakhruddin MB secara aklamasi. (royes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *