Raker IKA Sosek Pertanian: Menata Struktur, Mantapkan Program dan Mekanisme kerja

Berita478 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR— Pengurus Ikatan Alumni Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Hasanuddin (Sosek Pertanian UNHAS) Periode 2022 -2026 melaksanakan Rapat Kerja untuk menata struktur, memantapkan program dan mekanisme kerja

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Fakultas Pertanian kampus UNHAS Tamalanrea pada Jumat, 9 Desember 2022, diikuti sekitar 85 peserta.

Raker dibuka Dekan Fakultas Pertanian Prof.Dr.Ir. Salengke dihadiri Ketua IKA Sosek, Andi Muh. Hatta Tajang, Ketua IKA Pertanian diwakili wkl Ketua Dr.Ir. Hatta Jamil, Ketua Umum IKA Pusat diwakili Wasekjen Prof.Dr.Muhammad Yusuf, S.Pet.

Pada sambutannya, Dekan Faperta, Salengke menyampaikan harapan kiranya IKA Sosek Pertanian bisa berperan aktif membantu fakultas, khususnya Prodi Agribisnis agar para alumni baru mudah mengakses dan mendapat informasi tentang peluang kerja.

”Alumni memegang peranan penting untuk kemajuan fakultas,” ujar Salengke.

Dekan Faperta berterima kasih pada alumni yang sejauh ini telah berperan dalam penilaian akreditasi Fakultas sehingga mendapatkan penilaian yang baik.

Sekarang Fakultas Pertanian UNHAS masih pada 5 besar terbaik secara nasional dan berada pada rangking 300 – 400 tingkat internasional.

Sementara itu kepada KABARIKA.ID Ketua IKA Sosek Pertanian, Muh. Hatta Tajang menyatakan bahwa raker yang digelar seharian penuh antara lain bertujuan untuk menata struktur, memantapkan program dan mekanisme kerja organisasi melalui berbagai program.

Adapun program yang dirancang, urainya antara lain, penyusunan database alumni yang termutakhirkan (1962 – hingga tahun berjalan), peningkatan peran alumni dalam berbagai kegiatan organisasi.

Juga dibahas menyangkut penyediaan sistem informasi alumni, pemantapan pola hubungan koordinasi dengan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian dan pengurus pusat Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin.

Kemudian, lanjut Hatta, raker juga membahas bagaimana pengembangan hubungan sinergi dengan organisasi profesi terkait, seperti PISPI, AAI PERHEPI dan PII.

Menyangkut peningkatan peran strategis IKA Sosial Ekonomi Pertanian, jelas Hatta raker membahas peningkatan peran terhadap kualitas dan kesejahteraan alumni, penyediaan dan fasilitasi informasi konektivitas/relasi lowongan kerja dan persiapan menghadapi dunia kerja bagi alumni.

”Raker juga membahas fasilitasi perintisan usaha baru dan pengembangan usaha yang dikelola alumni,” kata Hatta.

BEASISWA
Raker yang diikuti antusias oleh para pengurus ini, juga dirangkai dengan Forum Group Discussion (FGD) saran terhadap pengembangan kurikulum 2023 Prodi Agribisnis dan penyerahan beasiswa kepada mahasiswa Prodi Agribisnis.

Sebagian peserta raker IKA Sosek Pertanian UNHAS
Sebagian peserta raker IKA Sosek Pertanian UNHAS

Karenanya, dalam raker dibahas penyediaan beasiswa bagi putra-putri dari alumni yang berprestasi, terutama bagi alumni yang telah wafat dan putra-putrinya menghadapi masalah dalam melanjutkan pendidikan.

Materi yang dibahas dalam rapat cukup banyak menyangkut berbagai fasilitasi yang berkaitan fakultas, prodi, mahasiswa, dosen dan alumni.

IKA Sosek, tambah Hatta Tajang juga memberikan kontribusi pemikiran untuk menghasilkan solusi terhadap isu-isu sosial ekonomi pertanian yang sedang trend melalui kegiatan seminar, diskusi, lokakarya dan sebagainya.

SEKJEN YUSRAN
Setelah berlangsung sehari penuh, pada sore hari, Jumat, 9 Desember 2022, raker ditutup oleh Sekretaris Jenderal PP IKA UNHAS Prof Dr Yusran Jusuf, M.Si, IPU.

Ketika menyampaikan sambutan, Sekjen Yusran berharap agar program yang dihasilkan dapat direalisasikan dengan baik. ”Saat ini organisasi IKA UNHAS cukup baik karena respon yang besar dari para alumni di berbagai daerah untuk membentuk IKA.

Yusran berharap IKA Sosek menjadi terdepan dalam memperbaiki data alummi sehingga memudahkan komunikasi, baik sekarang maupun ke depan. (royes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *