Kodam XII/Tanjungpura Siap Berkolaborasi Sukseskan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 di Universitas Tanjungpura

Berita293 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang telah berlangsung selama satu dekade sejak 2013, semakin mendapat sambutan dan apresiasi dari berbagai pihak karena telah nyata manfaatnya, baik secara akademik maupun dalam aspek penguatan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan mahasiswa.

Pihak TNI juga memberi apresiasi positif terhadap pelaksanaan KKN Kebangsaan, karena sejalan dengan program TNI dalam bidang pengembangan wawasan kebangsaan, khususnya di kalangan generasi muda.

Penggagas sekaligus tim pengembang KKN Kebangsaan Dr. Hasrullah dari Unhas, menyerahkan buku karyanya kepada Pangdam XII/Tanjungpura.
Penggagas sekaligus tim pengembang KKN Kebangsaan Dr. Hasrullah dari Unhas, menyerahkan buku karyanya kepada Pangdam XII/Tanjungpura.

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto Hambuako, S.IP, MM, secara gamblang menyatakan apresiasi terhadap pelaksanaan KKN Kebangsaan, sekaligus mengatakan dukungannya terhadap KKN Kebangsaan XI yang akan dilaksanakan di Kalimantan Tengah pada Juli-Agustus 2023, di mana Universitas Tanjungpura (Untan) sebagai tuan rumah atau pelaksana.

Dukungan Pangdam XII/Tanjungpura terhadap kegiatan KKN Kebangsaan XI tahun 2023 mendatang, disampaikan saat mantan Kapendam VII/Wirabuana (2011-2012) itu menerima audiensi Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko, SH, M.Si bersama penggagas sekaligus tim pengembang KKN Kebangsaan, Dr. Hasrullah dari Unhas, di ruang tamu Pangdam XII/Tanjungpura, Jumat (6/01/2023).

Turut mendampingi rektor adalah Wakil Rektor 3 Untan, Dr. Ahmadi, Ketua Panitia KKN Kebangsaan XI tahun 2023, Dr. Ing. Eka Priadi, dan Wakil Ketua KKN Kebangsaan XI tahun 2023, Dr. Iqbal Arsyad.

Sedangkan pejabat utama Kodam yang mendampingi Pangdam XII/Tanjungpura adalah Pamen Ahli Bidang OMP Kodam Xll/Tanjungpura Kolonel Inf Narfiansyah, S.A.P., M.Si, Asintel Kasdam Xll/Tanjungpura Kolonel Inf Abdullah Jamali, Aster Kasdam Xll/Tanjungpura Kolonel Inf Ruddy Trenggono, S.Sos, dan Pabandya Komsos Sterdam Xll/Tanjungpura Letkol Inf Ibrahim Amin, S.Pd, M.H.

“Kodam Tanjungpura siap berkolaborasi untuk keberhasilan KKN Kebangsaan dengan menggerakan potensi yang dimiliki, mulai dari pembekalan hingga pengangkutan menggunakan truk TNI sampai pelepasan dengan acara terjung payung,” ujar Pangdam Mayjen Agusto.

Lokasi kegiatan KKN Kebangsaan XI tahun 2023 berada di Kabupaten Sambas dan Singkawang, dengan mengusung tema pembangunan perbatasan.

Untuk mendukung kesuksesan seluruh program kerja KKN Kebangsaan XI, Pangdam XII/Tanjungpura berkomitmen akan menggerakkan segala potensi yang dimiliki, mulai dari tenaga kesehatan dan Babinsa untuk bekerja sama mahasiswa KKN Kebangsaan di lokasi perbatasan.

Kegiatan ini juga akan dimanfaatkan sebagai sarana pengabdian TNI bersama mahasiswa KKN kepada masyarakat melalui program yang relevan, guna membangkitkan semangat belajar bagi warga di perbatasan.

Usai audiensi, Pangdam XII/Tanjungpura foto bersama dengan Rektor Untas beserta tim pengembang dan panitia KKN Kebangsaan XI tahun 2023.
Usai audiensi, Pangdam XII/Tanjungpura foto bersama dengan Rektor Untas beserta tim pengembang dan panitia KKN Kebangsaan XI tahun 2023.

KKN Kebangsaan bertujuan untuk meningkatkan semangat dan jiwa nasionalisme serta rasa persaudaraan mahasiswa seluruh Indonesia, sekaligus mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Nama Universitas Tanjungpura yang akan menjadi pelaksana KKN Kebangsaan XI tahun 2023, berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura yang ada di Kalimantan Barat. Pada 2022 Untan menempati peringkat ke-66 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics, dan berhasil menempati posisi ke-2 sebagai universitas terbaik di Pulau Kalimantan. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *