Chaidir Syam Terpilih Aklamasi Pimpin IKA Unhas Maros

Berita880 Dilihat

KABARIKA.ID, MAROS – AS Chaidir Syam terpilih sebagai Ketua
Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Kabupaten Maros pada Musyawarah Daerah (Musda) I, di Aula Rujab Bupati Maros, Kamis (9/2/2023).

Proses Musda tidak berlangsung berlangsung lama, cukup singkat karena setelah pembukaan, para peserta langsung meminta kesediaan AS Chaidir Syam untuk menjadi Ketua IKA Unhas Maros. Tidak ada calon lain yang mencalonkan diri.

Musda yang dihadiri oleh Sekretaris IKA Unhas Sulsel Hidayah Muhallim didampingi oleh Ikbal Arifin menyepakati menetapkan AS Chaidir Syam sebagai Ketua IKA Unhas Kabupaten Maros.periode 2023 – 2027.

Musda IKA Unhas Maros ini, dibuka oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam dan dihadiri seratusan alumni Unhas yang ada di Kabupaten Maros.

Dalam sambutannya, Chaidir Syam mengatakan, inisiator pembentukan IKA Unhas Maros ini, diprakarsai oleh alumni yang masih muda-muda, yakni dari Angkatan tahun 2000-an.

Alumni Fisip Unhas Jurusan Pemerintahan ini, mengaku sangat senang dengan terbentuknya IKA Unhas Maros. Bahkan, kata Chaidir, jumlah alumni Unhas yang ada di Maros mencapai ribuan orang.

Sementara Pengurus IKA Unhas Wilayah Sulsel Prof Dr Ir Muhammad Irsan, MT, menyampaikan pesan Ketua IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan Mohammd Ramadhan Pomanto, bahwa IKA Unhas bukan gerakan politik, melainkan sebuah bentuk pengabdian alumni kepada almamater dan masyarakat.

“Alumni Unhas mengabdi kepada masyarakat di manapun dia berada. Alumni juga bukan oposan bagi pemerintah tetapi menjadi mitra untuk mendukung program pemerintah dengan memberikan masukan dan kritikan,’” kata Irsan Ramli.

Ketua terpilih Chaidir Syam menyambut baik amanah yang diberikan alumni Unhas dalam Musda ini. “Insya Allah, bersama alumni Unhas kita akan memberi konstribusi bagi pembangunan, baik berupa saran maupun kritik,” ujar Chaidir.

Mantan Ketua DPRD Maros ini, mengatakan pihaknya akan segera menyusun kepengurusan IKA Unhas Kabupaten Maros dan akan melibatkan banyak alumni, terutama yang masih muda-muda.
“Kita akan berdayakan alumni, khususnya yang muda-muda ke dalam kepengurusan IKA Unhas Maros,” jelasnya.

Sekilas Tentang Ketua IKA Unhas Maros

Pemilik nama lengkap Andi Syafril Chaidir Syam ini lahir di Bone pada 2 Februari 1977. Ia adalah anak tunggal pasangan Andi Nadjemiah dan Andi Syamsuddin.

Mengenyam pendidikan di Maros mulai dari SD Negeri 1 Maros (1983-1989), Pondok Pesantren IMMIM (1989), SMP Negeri 2 Maros (1989-1992) dan kemudian SMA Negeri 1 Maros (1992-1995).

Usai lulus dari masa seragam putih abu-abu, Chaidir Syam melanjutkan studinya di program studi S1 Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Hasanuddin pada 1999 dan lulus tahun 2001.

Chaidir melanjutkan studi pascasarjana S2 di program studi Ilmu Tata Negara Universitas Muslim Indonesia (UMI) pada (2015-2018). Saat ini, Chaidir Syam tercatat sebagai mahasiswa doktoral S3 di UMI.

POLITIKUS
Karier politik Chaidir Syam sejatinya sudah dirintis pada tahun 1999, saat ia masih tercatat sebagai mahasiswa. Saat itu, ia tercatat sebagai pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Maros. Ia memberanikan diri maju ke Pemilu Legislatif DPRD Maros di usia 22 tahun.

Pemilu tersebut terasa spesial lantaran diikuti 48 partai dan yang pertama kali usai jatuhnya Orde Baru. Tapi, ia tak lolos di Pemilu tersebut lantaran aturan sistem nomor urut calon.

Lepas Pemilu 1999 dan lulus kuliah, Chaidir Syam tetap aktif sebagai pengurus DPD PAN Maros hingga 2004. Ia kemudian terjun sebagai anggota lembaga swadaya masyarakat SWASH CARE International Indonesia. Organisasi non-pemerintah itu berfokus pada beberapa hal seperti penyediaan air, sanitasi dan kesehatan di daerah pertanian. Di sana, ia berstatus sebagai asisten City Forum Spesialist dan Urban Coordinator.

Di tahun 2005, ia terpilih sebagai Sekretaris DPD PAN Maros. Dua tahun berselang, Chaidir Syam juga dipercaya sebagai Ketua DPD BM (Barisan Muda) PAN Maros dan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) BM PAN Sulsel.

Masuk tahun 2007, Chaidir Syam akhirnya merasakan pengalaman duduk terpilih sebagai anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) DPRD Maros. Jabatan wakil rakyat tersebut ia emban selama dua tahun. (*/roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *