Ikut Jalan Santai IKA UNHAS Sulbar, Kecepatan Amran Sulaiman Bikin Peserta Tertinggal

Berita535 Dilihat

KABARIKA.ID, MAMUJU—Ketua Umum IKA UNHAS Andi Amran Sulaiman didampingi Ketua IKA UNHAS Sulbar, Muhammad Idris DP melepas peserta Fun Walk IKA UNHAS for Sulbar Recovery 2023, Sabtu (18/02/2023) di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mamuju.

Ketum Andi Amran Sulaiman (AAS) ikut jalan santai bersama Muhammad Idris, Sekjen Yusran Jusuf, Bendahara Umum, Murtir Jeddawi, Ilham Rasyid, Syarkawi Rauf, Salahuddin Alam yang berada di barisan terdepan langsung ‘’tancap gas’’ seperti anak panah yang baru lepas dari busur.

Fun Walk atau Jalan Santai diikuti alumni, keluarga alumni, pengurus IKA Sulbar dan diramaikan Pengurus Pusat IKA UNHAS. Jalan santai menempuh jarak sekira 4 km, star dari Mako Lanal berbelok kiri melewati Jl. Arteri menempuh jarak sekira 2 km lalu berbalik kembali untuk finish di Mako Lanal Mamuju.

Ketua Umum IKA UNHAS Andi Amran Sulaiman dan Muhammad Idris saat melepas Fun Walk, Sabtu (18/02/23). FOTO: Bau Irfan
Ketua Umum IKA UNHAS Andi Amran Sulaiman dan Muhammad Idris saat melepas Fun Walk, Sabtu (18/02/23). FOTO: Bau Irfan

Beberapa peserta yang di awal star berada di barisan paling depan satu persatu tertinggal karena tidak mampu mengimbangi kecepatan langkah Ketum AAS dan Muhammad Idris. Sekjen Yusran Jusuf dan Ilham ‘Ilo” Rasyid tampak berusaha keras mengimbangi kecepatan Ketum dan Muhammad Idris. Banyak peserta yang tertinggal.

Bendum Murtir Jeddawi yang ikut jalan santai tetap memilih untuk selalu berada di barisan kedua, namun Salahuddin Alam terlihat maju mundur ikut berjuang agar selalu berada di barisan terdepan atau terkadang memilih mengalah lalu tercecer di jejeran barisan ketiga atau keempat.

Beberapa peserta, terutama ibu-ibu, termasuk Prof Kartini (istri Ketua IKA Sulbar) menyadari bahwa langkah atau kecepatan berjalan barisan terdepan bukan lagi langkah gerak jalan santai, tapi sudah mirip jalan cepat.

Pada jarak tempuh 500 meter sudah ada ibu-ibu yang minta untuk pelan-pelan,’’Pelan-pelan, pak,’’ kata ibu-ibu, yang juga berusaha untuk mengambil foto.

‘’Ini bukan lagi jalan santai, tapi jalan cepat. Banyakmi yang tertinggal di belakang. Kurangi kecepatan,’’ kata Prof Kaimuddin, yang berada di baris kedua dan terlihat kewalahan mengikuti kecepatan.

Peserta Fun Walk yang membludak
Peserta Fun Walk yang membludak

Setelah beberapa saat “speed”, barulah Ketum AAS, Muhammad Idris dan lainnya di baris terdepan menyadari kalau sejak star kecepatan jalannya bukan lagi jalan santai, tapi speeding (ngebut). ‘’Kita foto-foto dulu,’’ kata Muhammad Idris, saat berhenti menunggu peserta yang tampak dikejauhan masih ada yang baru keluar dari garis star di Mako Lanal.

Saat berhenti sejenak dan menyadari bahwa sepanjang 500 meter yang terlewati kecepatannya melebihi jalan santai, para peserta tertawa dan salim melempar senyum. Peserta lalu silih berganti berfoto. Sesi foto bersama ini dimanfaatkan oleh peserta untuk menandai kebersamaan dengan Ketua Umum IKA UNHAS Andi Amran Sulaiman beserta jajaran pengurus pusat dan pengurus IKA UNHAS Sulbar. Ada yang selfie ada pula yang foto langsung. Semua jdi heppi.

Setelah sebagian besar peserta yang tertinggal makin dekat dan para ‘‘penggemar’ puas berfoto-foto, Ketum AAS, Muhammad Idris, Sekjen Yusran Jusuf, Ilham Rasyid, Sudirman Numba, Husba Phada, Salahuddin Alam, Kaimuddin, Kahar Gani, Suwardi T, dan beberapa pengurus lainnya ancang-ancang star di barisan depan lalu berjalan lagi. Kali ini kecepatan mulai dikurangi.

Namun setelah beberapa menit berjalan hingga berbelok-putar kembali ke Mako Lanal, kecepatan mulai naik lagi. Ngebut lagi.

SUDAH PUTAR BALIK
Peserta fun walk yang sudah berputar balik ke garis finish bertemu dengan peserta lain yang berada di jalur di seberang. Pertemuan barisan peserta hanya dibatasi trotoar Jl Arteri sehingga sebagian peserta mengambil jalan pintas; potong kompas dengan menyeberangi trotoar.

Mulanya dihimbau untuk tidak menyeberang dan dihalau agar tetap mengikuti jalur yang telah ditentukan. Namun peserta tidak kehabisan akal. Mereka tetap menyeberang dengan “gaya” ingin mengambil foto Ketum dan peserta di barisan terdepan. Akan tetapi setelah memotret mereka langsung ikut bergabung dalam barisan.

Fun Walk yang menempuh jarak 4 km lalu berputar ke Mako Lanal setelah mengambil foto bersama di lingkaran kolam di Jl. Arteri.

Finish di Mako Lanal lalu disuguhi sarapan dan sajian berbagai makanan tradisional, seperti sokkol lame, loka anjoroi, bubur jewawut.

Saat didaulat menarik kupon undian untuk pemenang, Andi Amran Sulaiman yang juga owner Tiran Group turut menyumbang dengan memberi hadiah uang tunai kepada peserta yang nomornya beruntung.

Hadiah kejutan dari Ketua Umum ada yang mendapat Rp5 juta, Rp2 juta, Rp1juta. Peserta yang berstatus anak yatim piatu juga mendapat hadiah uang tunai. Jika ditotal hadiah kejutan dari Ketum mencapai Rp35juta.

Kegiatan funk Walk IKA UNHAS Sulbar boleh dibilang banjir hadiah karena selain hadiah spontan puluhan juta dari Ketum IKA UNHAS AAS, panitia juga menyediahkan puluhan hadiah serta satu unit sepeda motor

DI atas yang dikerumuni peserta, AAS meminta kepada peserta atau masyarakat untuk selalu mencintai pemimpinnya. ‘’Mari kita mencintai dan menghargai pemimpin. Pemimpin yang dicintai adalah pemimpin yang mampu berlaku adil. Mampu menghadirkan keadilan kepada masyarakatnya,’’ kata AAS yang didampingi Muhammad Idris.

PROGRAM LINGKUNGAN
Program kerja “IKA UNHAS for Sulbar Recovery” secara garis besar terbagi dua, yakni lingkungan dan kebencanaan serta Recovery Manusia dan Fun.

Program lingkungan dan kebencanaan meliputi kegiatan penanaman pohon di sekitar bandara Tampa Padang.

Program ini merupakan kegiatan bakti sosial yang akan menjangkau masyarakat terdampak bencana dan keluarga tak mampu.

Hingga sekarang masih banyak masyarakat yang menganggur karena kehilangan rumah atau anak-anak yang ditinggal mati oleh orang tuanya.

”Mereka ini perlu sentuhan dan bantuan untuk recovery agar menjadi tangguh,” kata Idris.

Menurut mantan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar ini, program IKA Unhas for Sulbar Recovery mencakup kegiatan pemberian bantuan, pemeriksaan kesehatan, operasi katarak, operasi bibir sumbing dan sunatan massal.

IKA Unhas Sulbar melibatkan berbagai komponen alumni, dokter, dokter spesialis, rumah sakit, dan Pemprov Sulbar.

Ketua Umum PP IKA Unhas Andi Amran Sulaiman memimpin gerakan penanaman pohon di Area Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju Sulbar, Jumat (17/02/2023).

Kehadiran Founder Tiran Group di Sulbar untuk memberikan komitmen kepada anggota alumni IKA UNHAS agar berkinerja lebih baik. (eate)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *