Kejar Program Prioritas, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman Genjot Penyelesaian Jalan dan Jembatan

Berita522 Dilihat
  • KABARIKA.ID, ENREKANG– Fokus menyelesaikan program prioritas, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menggenjot penyelesaian jalan dan jembatan.

Hal tersebut terlihat pada progres pengerjaan jalan provinsi ruas Paleteang – Malaga – Kabere di Kabupaten Enrekang.

Penyelesaian ruas jalan Paleteang – Malaga – Kabere beserta jembatannya menjadi salah satu fokus karena masuk program prioritas di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

Pada penjelasannya, Gubernur Andi Sudirman menyatakan, mengingat kondisi jalan yang rusak berat dan merupakan kategori Lintas Harian Rata-rata (LHR) tinggi, maka ruas jalan ini perlu mendapat prioritas. Terutama karena menghubungkan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang.

“Alhamdulillah, sedang progres rekonstruksi jalan dan jembatan pada ruas Paleteang – Malaga – Kabere di Kabupaten Enrekang. Saat ini sedang tahap penyelesaian pengaspalan dan beton di bahu jalan. Begitupun pada jembatan yang sempat rusak telah hampir rampung,” jelas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, Jumat (24/2/2023).

Perbaikan jalur ini, tambahnya, menjadi penting karena merupakan jalur ekonomi sekaligus alternatif yang digunakan masyarakat yang akan menuju ke kabupaten Enrekang dan Toraja.

“Jalan ini merupakan jalur alternatif Enrekang ke Toraja melalui kabupaten Pinrang dengan memangkas jarak sekitar 30 km jika dibandingkan melewati jalan nasional,” ungkap Gubernur yang memiliki nama akronim Andalan.

Adapun perencanaan untuk penanganan pada segmen yang rusak berat panjangnya sekira 2,35 km. Fokusnya terhadap jalan yang rusak berat. Terlebih ruas ini sebelumnya sangat terjal dan sempit, sehingga sering terjadi kemacetan.

“Adapun penanganan, termasuk untuk jalan yang sempit dan tanjakan yang ekstrim. Serta dilakukan perbaikan trase jalan yang sempit dan menanjak. Karena membahayakan pengendaran yang melintas,” ujar Gubernur Andalan.

“Dengan rencana penanganan ini, diharapkan agar pengguna jalan dapat menggunakan jalan dengan lebih nyaman,” harapnya. (*/roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *