Naik Bus Mewah Zafa Trans Mamuju-Makassar, Pasangan Milenial: Rasanya Plong!

Berita2409 Dilihat

KABARIKA.ID, MAMUJU—Menikmati bus mewah “berduaan” menjadi pengalaman istimewa bagi pasangan muda Ichi Indrawan dan Mughnyrati Abdurrahim, SKG (Uchi). Pasangan milenial yang selalu terlihat mesra ini memilih perjalanan darat 12 jam dari Mamuju ke Makassar untuk merasakan sensasi naik bus mewah yang kosong melompong dan plong

Hari itu Uchi dan Ichi Indrawan baru saja mengikuti kegiatan Fun Walk sebagai rangkaian IKA UNHAS For Sulbar Recovery, Sabtu (18/02/2023) di Mamuju. Uchi memilih kembali ke Makassar lewat jalur darat memisahkan diri dari 35 Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin yang naik pesawat carter.

‘’Setiap perjalanan selalu meninggalkan kesan berbeda,’’ kata Uchi memberi alasan kenapa memilih naik bus berduaan dengan suami.

Di atas bus yang wah, pasangan ini bak ‘’raja dan ratu’’. Keduanya santai dan nyaman menikmati perjalanan darat sekira 12 jam. Mereka dikawal empat kru yang merupakan driver dan petugas layanan bus.

‘’Penumpangnya hanya kami berdua ditambah lagi kru empat orang. Ini pengalaman yang sangat langka,’’ ujar Uchi.

Hari itu, pasangan ini naik bus yang dioperasikan Zafa Trans, tipe Mercedes Benz OH 1526, dengan desain body dari Tentrem.
Untuk kenyamanan, tipe ini didisain khusus untuk Premiere Class dengan mengutamakan posisi lapang bagi pelanggan.

Formasi kursi disusun 2/1 sebanyak 22 seat. Susunan 2/1 artinya, setiap baris terdiri dari tiga kursi. Satu kursi dengan penumpang tunggal yang bersebelahan dengan dua kursi yang duduk agak berdekatan. Di atas bus yang memiliki panjang sekira 14 meter sangat lapang dengan super jumbo seat, dan ruang kaki (leegroom) yang luas. Fasilitas ini setara dengan kelas VIP di kabin pesawat.

‘’Kami meninggalkan hotel Maleo selepas salat dhuhur, Sabtu, (18/02/23). Saya dan Ichi duduk paling depan sehingga leluasa memandangi perbukitan di kiri dan laut lepas di sisi kanan jalan. Kondisi bus yang cingklong, tempat duduk yang nyaman serasa ngobrol di rumah sendiri,’’ ujar Uchi menceriterakan pengalaman.

‘’Kru yang ramah dan komunikatif menambah hangatnya suasana padahal AC bus sangat dingin,’’ kata Uchi.

Mampir menikmati durian
Mampir menikmati durian

Bus berkapasitas 22 orang ini melayani jalur Makassar-Mamuju dan sebaliknya setiap hari dengan pemberangkatan setiap pukul 20.00 wita. Saat kembali ke Makassar sebagian besar pengurus IKA UNHAS yang menumpanginya dari Makassar ke Mamuju naik pesawat carter dengan flight khusus.

Di atas bus atau selama perjalanan, penumpang tidak perlu khawatir hilang kontak karena smartphonenya lowbatt sebab semua kursi dilengkapi dengan colokan USB, tempat minum, leg rest, dan meja untuk tempat makan.

Selain itu ruang kabin dilengkapi dengan onboard entertainment. Untuk melengkapi pelayanan prima, Zafa Trans memastikan semua selimut dan sarung bantal bukan bekas pakai karena selimut masih dalam plastik sebelum digunakan . Juga disiapkan free snack box.

ZAFA TRANS
Zafa Trans secara resmi beroperasi tanggal 17 Agustus 2022. Berkantor pusat di jalan Perintis Kemerdekaan Ruko Hasanuddin Commercial Center Blok A1/No.1 Makassar. Kantor ini sekaligus sebagai Shelter Premium Lounge untuk Kota Makassar.

PT Mekarza Jaring Nusantara yang menjadi operator Zafa Trans bergerak di bidang transportasi penumpang dan barang. Operator bus ini melayani rute Makassar, Parepare, Pinrang, Polman, Majene, Mamuju pergi pulang setiap hari.

Zafa Trans mengutamakan standar keamanan dan keselamatan dengan standar tinggi. Ruang kabin dan bagasi dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCTV) yang terhubung langsung dengan pusat kontrol operasi.

Selain itu seluruh aktivitas unit bus dipantau secara real time melalui Cartrack System. Salah satu penyedia jasa fleet management kelas dunia yang banyak dipakai perusahaan-perusahaan transportasi kelas dunia.

Cartrack memonitor posisi GPS, sistem peringatan kecepatan kendaraan yang melewati batas standar, penyimpangan-penyimpangan selama driver mengemudikan kendaraan seperti kesalahan pengereman, kesalahan membelokkan atau memutar kendaraan, monitoring penggunaan BBM. Teknologi canggih ini diterapkan untuk kenyamanan perjalanan pelanggan.

Pelanggan juga diberikan petunjuk keselamatan perjalanan melalui video onboard untuk memperhatikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan.

PO Zafa Trans terus mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi dengan menerapkan Fleet Management System berbasis IT. Salah satu keunggulannya adalah sistem ticketing berbasis QR Code.

Banyak orang yang bertanya, apakah Zafa Trans bagian dari Piposs mengingat ada nama legendaris tokoh transportasi bus M Zain Useng yang melekat di belakang nama Zafa Trans?

Sesungguhnya tidak ada hubungan manajemen dan operasional dengan Piposs (Padaidi Padaelo Sipatuwu Sipatokkong). Nama M Zain U adalah nama generik yang pernah lama melekat dengan Piposs. M Zain U adalah founder Piposs yang dioperatori oleh PT Taspi Trd & Coy.

Berbagai dinamika bisnis dalam perjalanan Piposs membuat anak-anak M Zain U memilih berdiri sendiri dengan tetap mengusung nama generik M Zain U. Selain PO Zafa Trans M Zain U, juga terdapat PO Neo Trans M Zain U.

Kedua brand tersebut — Zafa Trans dan Neo Trans– saat ini dikelola oleh generasi ketiga M Zain U. Mereka sebelumnya telah dipersiapkan dengan cukup matang. Generasi ketiga M Zain U disiapkan dalam sebuah tim yang diberi nama Rubicon Team.

Mereka digodok dengan cukup matang untuk memulai era baru bisnis transportasi dengan konsep yang lebih adaptatif dengan perkembangan manajemen yang lebih modern, mengedepankan customer value, sentuhan teknologi IT, dan meletakkan aspek pelayanan sebagai triger utama bisnis.

Tasrif Zain selaku Founder Zafa Trans dan Basri Zain selaku founder Neo Trans menyiapkan generasi Rubicon dengan prinsip pertama menggali nilai-nilai terbaik yang diwariskan oleh M Zain U sebagai enterpreneur sukses sekaligus sebagai modal awal melanjutkan tradisi sukses M Zain U.

Value inilah yang merekatkan perbedaan-perbedaan generasi ketiga dalam satu visi yang sama; “Menjadi Terdepan, Terbesar, Terbaik dalam Layanan Transportasi.”

M Nur Alfatah, sebagai Co Founder Zafa Trans, alumni S2 Fak. Ekonomi Unhas, akademisi, dan mantan bankir dipercayakan menyiapkan tim Rubicon ini sampai dengan eksekusinya dan mensupervisi perjalanan tim Rubicon ini.

Di tengah kondisi pemulihan pasca covid-19, dan ancaman resesi, Zafa Trans sebagai pendatang baru mampu memperlihatkan kinerja terbaik. Zafa Trans berkeinginan menjadi model dan leader dalam bisnis transportasi bus yang mengedepankan service excellent. Memberikan kontribusi kepada pemerintah, menyediakan layanan transportasi bus yang aman, nyaman, dan menjadi pilihan utama perjalanan darat.

Zafa Trans yang ditumpangi Iqchi Indrawan dan Uchi dari Mamuju ke Makassar mengesankan bahwa perusahaan ini telah beradaptasi dengan kebutuhan konsumen, memberi rasa nyaman, safety dan telah memanfaatkan teknologi digital.

Perasaan menyenangkan berada di atas bus Zafa Trans juga telah dirasakan oleh PP IKA UNHAS saat ke Mamuju Sulbar, 16 Februari 2023.

Semoga generasi penerus M Zain U sukses dan bertahan seperti halnya generasi NV Hadji Kalla yang semakin besar. (este)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *