184 Orang Pengurus IKA Unhas Daerah Berau Resmi Dilantik, Bupati Apresiasi Kehadiran IKA Unhas

Berita477 Dilihat

KABARIKA.ID, BERAU – Wakil ketua umum (Waketum) PP IKA Unhas yang membidangi organisasi dan keanggotaan, Andi M. Irwan Patawari, S.Si melantik secara resmi pengurus IKA Unhas daerah Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (4/03/2023), di ballroom Tokyo hotel bumi Segah, jalan pulau Sambit, Tanjung Redep, Kabupaten Berau.

Susunan pengurus IKA Unhas daerah Berau yang dilantik hari ini yang berjumlah 184 orang, disahkan melalui surat keputusan pengurus wilayah IKA Unhas Kalimantan Timur nomor 17/SK/IKA-UHKT/II/2023, tanggal 14 Februari 2023.

Pelantikan diawali dengan pembacaan SK dan nama-nama pengurus IKA Unhas daerah Berau.

SK dibacakan oleh ketua IKA Unhas wilayah Kalimantan Timur, Dr Isradi Zainal, M.T., M.H., M.M., IPU.

Pelantikan dihadiri Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS, Kapolres Berau, ketua Pengadilan negeri Berau, dan sejumlah OPD.

Dari Unhas hadir wakil rektor bidang sumber daya manusia, alumni dan sistem informasi, Prof Dr. Farida Patittingi, M.H. serta direktur alumni dan pengembangan dana abadi, Dr. Andi Muhammad Akhmar, M.Hum.

Pengurus inti IKA Unhas daerah Berau yang dilantik adalah, ketua M. Ichsan Rapi, S.T., M.T., sekretaris Dr. Jusram, Sp.PD, dan bendahara dr. Hj. Yulianty Syari, MAP.

Ketua IKA Unhas daerah Berau, M. Ichsan Rapi, S.T., M.T. mengabarkan pataka IKA Unhas usai penandatanganan berita acara pelantikan.

Pengurus inti dibantu masing-masing 10 wakil ketua, 10 wakil sekretaris, dan 10 wakil bendahara.

Untuk memperluas jangkauan program kerja sekaligus mempertajam kolaborasi dengan berbagai pihak, kepengurusan IKA Unhas daerah Berau dilengkapi 20 bidang.

Bidang-bidang tersebut adalah Bidang politik dan pemerintahan; Bidang organisasi dan sumber daya alumni; Bidang ekonomi dan dunia usaha; Bidang pariwisata dan ekonomi kreatif; Bidang pemuda dan olahraga; Bidang seni dan budaya; Bidang agama dan sosial kemasyarakatan; Bidang kehutanan, lingkungan hidup dan bencana alam; Bidang pertanian, perkebunan dan peternakan; Bidang kelautan dan perikanan; Bidang hubungan antarlembaga; Bidang komunikasi dan informatika; Bidang perhubungan; Bidang pekerjaan umum, permukiman wilayah dan tata ruang; Bidang pendidikan, riset dan teknologi; Bidang perencanaan pembangunan dan kajian strategis; Bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan HAM; Bidang kesehatan; Bidang industri, perdagangan energi dan sumber daya mineral; dan Bidang ketenagakerjaan.Ketua terpilih dalam sambutannya mengatakan, bahwa seluruh alumni yang beragam latar belakang fakultas dan jurusan serta suku bangsa, namun semuanya bersaudara.

“Meski kita tidak sedarah secara biologis, namun kita bersaudara karena kita dilahirkan dari rahim universitas yang sama, Universitas Hasanuddin,” ujar Daeng Iccang, panggilan akrab M. Ichsan.

Menurut alumni fakultas teknik angkatan 1990 ini, potensi alumni Unhas di Kabupaten Berau sangat besar, sebab alumni yang telah terdata mencapai 200 orang.

Terbentuknya IKA Unhas daerah Berau menjadi modal bagi para alumni di masa depan untuk menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah, serta dengan berbagai pihak lainnya.

“IKA Unhas siap bersinergi dengan pemerintah kabupaten Berau, sebagai wujud nyata kontribusi Unhas dalam pembangunan daerah,” tambah M. Ichsan.

Ia menegaskan bahwa IKA Unhas daerah Berau akan terus membuat program aksi di berbagai bidang sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.

Menurut Daeng Iccang, IKA itu adalah singkatan dari Inisiatif, Kolaborasi, dan Aksi.

Kolaborasi baginya adalah kerja sama yang saling menguatkan, bukannya saling menjatuhkan.

“Kita bercahaya tanpa meredupkan cahaya yang lain,” tandas M. Ichsan.

Sementara itu, Waketum PP IKA Bidang organisasi dan keanggotaan, Andi M. Irwan Patawari, S.Si dalam sambutannya mengingatkan bahwa tagline IKA Unhas, “Kolaborasi Unhas untuk Negeri” harus bermuara pada tiga manfaat.

“Yaitu, bermanfaat bagi sesama alumni, bermanfaat untuk almamater, dan bermanfaat terhadap pembangunan daerah,” tegas Irwan Patawari.

Pada kesempatan yang sama, wakil rektor bidang SDM, alumni dan sistem informasi, Prof Dr. Farida Patittingi, M.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa kualitas universitas ditentukan oleh alumninya yang telah terserap dalam berbagai bidang.

Wakil rektor bidang SDM, alumni dan sistem informasi saat memberikan sambutan. (Foto: Muh. Ruslan)

Unhas saat ini, lanjut Prof Farida, semakin maju dan berkualitas.

“Unhas sudah masuk dalam peringkat dunia, meskipun masih pada angka 1.000 sampai 1.200 versi WUR (World University Ranking).

Prof Farida menegaskan bahwa Unhas saat ini bukan lagi universitas terbaik di Indonesia Timur, tetapi sudah menjadi universitas terbaik di dunia.

“Makanya harus bangga menjadi alumni Unhas,” tandas mantan dekan Fakultas Hukum itu.

Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS juga turut memberi sambutan. Ia mengakui peran strategis alumni Unhas yang ada di Berau.

Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS saat memberi sambutan. (Foto: Muh. Ruslan)

“Alumni Unhas banyak yang menjadi ASN di Berau. Ada yang menjabat sebagai camat, bahkan ada sebagai inspektorat,” ujar Bupati.

Oleh karena, ia menyambut baik dengan terbentuknya IKA Unhas di Berau, karena akan membuat peran alumni Unhas semakin nyata dalam pembangunan daerah Berau. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *