Erick Thohir Akan Sruput Kopi Bareng Amran Sulaiman dan Mentan Syahrul di Hari Kopi Nasional

Hari Kopi Nasional Yingkat Provinsi Sulsel Dipusatkan di Tana Toraja

Berita1398 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin, Dr Ir Andi Amran Sulaiman akan menyeruput kopi bersama secara serentak pada Peringatam Hari Kopi Nasional (HKN), Sabtu (11/03/2023).

Sruput Kopi Bareng dan ramai-ramai juga diikuti Pj. Gubernur Sulbar, Akmal Malik, Ketua Umum Dewan Kopi (Dekopi) Pusat, Dr Rusman Heriawan, Ketua Dekopi Sulsel, Prof Kaimuddin, Bupati Toraja Theofilus Allorerung dan Bupati Toraja Utara Johannis Bassang.

Ketua Panitia HKN Sulawesi Selatan Andi Dedy DHP menyatakan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan konsulat Jenderal Jepang dan Australia di Makassar untuk bergabung pada HKN Tingkat Provinsi Sulsel. ‘’Insya Allah negara sahabat itu bisa berpartisipasi,’’ kata Dedy, Sabtu (4/03/2023).

Pemerintah Provinsi Sulsel, Dewan Kopi Sulsel bekerjasama  PP Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin dan Kodam XIV Hasanuddin berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan HKN 2023 tingkat Provinsi Sulsel. HKN ini serentak dilaksanakan di berbagai provinsi pada Sabtu, 11 Maret 2023 dan dipusatkan di Jakarta.

Secara teknis, urai Andi Dedy, puncak peringatan HKN 2023 dipusatkan di Gedung IDFOOD RNI Jl. Denpasar Raya yang ditandai dengan Sruput Bareng Kopi dipimpin Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta dan Menteri Pertanian di Makassar.

Sruput Kopi Bareng ini juga diikuti stakeholder perkopian di beberapa provinsi yang pada hari yang sama menyelenggarakan HKN 2023.
Pada saat upacara peringatan Hari Kopi Nasional, semua event HKN baik di Jakarta maupun di provinsi akan terhubung melalui link zoom secara live.

Dewan Kopi Provinsi Sulsel sebagai penyelenggara HKN 2023 di Sulsel akan menggelar kegiatan yang sama  di Tana Toraja dengan berbagai kegiatan.

Puncaknya adalah Sruput Kopi Bareng Bersama yang dipusatkan di Toraja pada pukul 11.00 wita dan akan diikuti stakeholder di daerah ini, seperti Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Ketua Umum IKA UNHAS, para bupati dan masyarakat.

Pada rapat virtual panitia HKN 2023 Provinsi Sulsel yang dipimpin Dr. Ir. Haris Bahrun dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Sabtu (4/04/2023), disepakati untuk melibatkan berbagai pihak dan OPD di tingkat Provinsi karena pelaksanaan akan disejajarkan dengan kegiatan Anti Mager.

‘’Kita akan mengatur HKN tingkat Provinsi Sulsel dan kegiatan Anti Mager berlangsung dengan lancar,’’ kata Haris Bahrun.

Pada rapat koordinasi virtual juga dibicarakan kemungkinan memecahkan rekor MURI dengan Sruput Kopi Bareng, yang pesertanya memakai sarung, sebagaimana yang menjadi kebiasaan masyarakat di Toraja.

‘’Pecahkan rekor MURI dengan minum kopi pakai sarung terbanyak di Toraja,’’ usul Sawal Arief, Ketua Bidang Pariwisata PP IKA UNHAS.

Usulan ini menarik karena kopi berkaitan dengan budaya lokal, misalnya kopi Manailing dengan danau Toba, Kopi Gayo dengan Aceh, kopi Kintamani dengan Balinya, kopi Toraja  dengan wiisata Toraja dan adat setempat.

Sementara Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Sulsel, A. Haeruddin Nurman menginginkan agar gaung pemberitaan HKN 2023 Toraja menembus batas viral.

‘’Kita bisa mengikutkan konjen negara sahabat seperti Australia dan Jepang dalam kegiatan ini sehingga skala liputan medianya menjadi nasional,’’ kata tokoh muda yang akrab disapa Elu.

Ia juga mengusulkan bagaimana jika di dalam kegiatan ini dikaitkan dengan unsur ekonomi dan momentum, misalnya ada peluncuran kopi Andalan. Usul Elu ini sejalan dengan rencana pihak Kodam XIV Hasanuddin yang melaunching Kopi Hasanuddin.

Sementara itu pada rapat di Sekretariat PP IKA UNHAS di AAS Building,  Jumat (3/03/2023), disampaikan pada hari HKN akan diserahkan bantuan mesin kopi kepada Warkop yang dipilih dan kelompok tani kopi, peluncuran (lauching) kopi Hasanuddin, penyerahan Award kepada Warkop favorit, dan lomba barista.

Tema peringatan hari kopi tingkat nasional adalah, “Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat dan Pererat Harmonisasi Bangsa”.
Tugas dewan kopi adalah menyinergikan seluruh organisasi maupun pemangku kepentingan perkopian Indonesia.

Ke-23 peserta yang mengikuti rapat koordinasi dan pemantapan kegiatan melalui virtual  antara lain, Ketua Dekopi Kaimuddin, Sekretaris Dekopi Sulaiman Andi Loeloe, Ketua Panitia Andi Dedy DHP, Sekjen IKA UNHAS Yusran Jusuf, Bendahara Umum Murtir Jeddawi (sedang Umrah

Juga ikut rapat virtual, Direktur eksekutif Salahuddin Alam, Direktur AAS Foundation Rezki Mulyadi, Waketum Bachrianto Bachtiar, Suwardi Thahir, Sudirman Numba, Sawal Arief, Sekdis Perdagangan Indrajaya, Arwin dari Disdag, A. Haeruddin Nurman, Muhammad Asdar, Isma Ruslan dan Rendra. (este)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *