Kopi Andalan dan Kopi Hasanuddin Siap Dilaunching pada Hari Kopi Nasional

Berita1568 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR— Kopi Andalan dan kopi Hasanuddin siap dilaunching pada Hari Kopi Nasional 2023.

Kedua kopi yang siap diluncurkan merupakan brand dari Kodam XIV Haanuddin dan kopi Andalan dari Pemprov Sulsel.

Menurut Ketua Panitia, Andi Dedy, kedua branding yang siap diluncurkan merupakan kopi khusus yang berbahan baku dari pertanaman kopi berkualitas.

Setelah dilanching kopi Andalan dan Kopi Hasanuddin bisa dinikmati oleh masyarakat, terutama pecinta kopi.

Selain melaunching kopi, kegiatan ini juga melibatkan sekira 250 pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kopi baik warkop maupun kafe.

Mereka akan melayani tamu yang menghadiri Sruput Kopi Bersama dalam rangka Hari Kopi Nasional (HKN) di Baruga Karaeng Pattingaloang dan seputar Rujab Gubernur Sulsel, Sabtu (11/03/2023).

Kegiatan yang melibatkan stake holder perkopian Sulsel, UMKM, pelajar, barista dan masyarakat luas ini diperkirakan akan diikuti 10.000 penikmat kopi, baik yang ikut langsung di lokasi maupun di warkop-warkop dan kafe di Makassar.

Para peserta rapat dari IKA UNHAS dan Pemprov Sulsel

HKN 2023 ini merupakan kolaborasi pemerintah Provinsi Sulsel, Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Sulsel, PP Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin dan Kodam XIV Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan HKN 2023 tingkat Provinsi Sulsel. HKN 2023 ini serentak dilaksanakan di berbagai provinsi.

Penikmat kopi, kata Andi Dedy akan minum kopi serentak dengan Menteri BUMN, Erick Thohir, di Jakarta dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Makassar. Sruput Kopi Bareng ini menandai puncak Peringatan Hari Kopi Nasional 2023.

Secara teknis, lanjut Andi Dedy, puncak peringatan HKN 2023 dipusatkan di Gedung IDFOOD RNI Jl. Denpasar Raya yang ditandai dengan Sruput Bareng Kopi dipimpin Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta dan Menteri Pertanian di Makassar.

Sruput Kopi Bareng ini juga diikuti stakeholder perkopian di beberapa provinsi yang pada hari yang sama menyelenggarakan HKN 2023.
Pada saat upacara peringatan Hari Kopi Nasional, semua event HKN baik di Jakarta maupun di provinsi akan terhubung melalui link zoom secara live.

Sementara itu, rapat persiapan panitia yang dilaksanakan secara virtual, Senin (6/03/23) malam dan rapat lanjutan (7/03/23) di lokasi memutuskan Hari Kopi Nasional Tingkat Sulsel 2023 tetap digelar di Makassar dengan beberapa pertimbangan.

Sebelumnya, HKN Tingkat Sulsel 2023 rencana HKN 2023 dilaksanakan di Tana Toraja.

‘’Berdasarkan beberapa pertimbangan, maka kegiatan akan dilaksanakan di Makassar,’’ kata Dr. Ir. Haris Bahrun dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Senin (6/03/23) malam.

Untuk itu pada Selasa (7/03/23) pagi, panitia meninjau lokasi sekaligus melakukan rapat pemantapan yang dihadiiri unsur DEKOPI, Pemprov Sulsel, dan PP IKA Universitas Hasanuddin.

Pada rapat ini disepakati beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan memaksimalkan partisipasinya, misalnya Dinas Pendidikan akan menyertakan siswa untuk berpartisipasi. Dinas Koperasi dan UMKM akan mengikutkan UMKM binaan. Begitupun dinas lainnya.

Rapat pemantapan penyelenggaraan HKN di Rujab, Selasa (7/03/23) pagi diikuti Kadis Perindustrian, Ahmad Akil, Kadis Perdagangan Andi Arwin, Sekdis Perdagangan Indrajaya, Sekdis Koperasi UKM Andi Isma, Kabid Perindustrian Meyke N. Sultan, Biro Umum Nining dan Biro Administrasi pimpinan dan Dinas Perhubungan Sulsel.

Sementara peserta dari PP IKA Unhas hadir Direktur Eksekutif Salahuddin Alam, Ilham Rasyid, Rezki Mulyadi, Ichi Indrawan, Bau Irfan, Hasbi serta dari DEKOPI, Andi Dedy (ketua panitia) dan Sekum DEKOPI Sulsel, Sulaiman Andi Loeloe.

SRUPUT KOPI
Sruput Kopi Bareng rencananya juga diikuti Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Pj. Gubernur Sulbar, Akmal Malik, Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman, Ketua Umum Dewan Kopi (DEKOPI) Pusat, Dr Rusman Heriawan, Ketua Dekopi Sulsel, Prof Kaimuddin, dan pengurus PP IKA UNHAS.

Tema peringatan hari kopi tingkat nasional adalah, “Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat dan Pererat Harmonisasi Bangsa”.

Tugas dewan kopi adalah menyinergikan seluruh organisasi maupun pemangku kepentingan perkopian Indonesia.

Selain launching kopi Andalan dan Kopi Hasanuddin akan diserahkan bantuan mesin kopi kepada Warkop yang dipilih dan kelompok tani kopi, pemberian Award kepada Warkop favorit, dan lomba barista. (este)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *