Fullday Ngopi Bersama Pemprov, DEKOPI dan IKA UNHAS

Berita582 Dilihat

KABARIKA.ID, Makassar—Panitia Hari Kopi Nasional intensif melakukan rapat persiapan dan pemantapan pelaksanaan Puncak Hari Kopi Nasional (HKN) tingkat Sulsel yang akan digelar di Baruga Pattingaloang Rujab Gubernur Sulsel, Sabtu (11/03/2023).

Rapat rapat-rapat HKN 2023 dipimpin secara bergantian oleh Ketua Dewan Kopi Nasional (DEKOPI), Prof. Dr. Ir. Kaimuddin, Direktur Eksekutif Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Salahuddin Alam, Ketua Panitia Andi Dedy, dan Dr. Ir Haris Bahrun dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Pada rapat Rabu (8/03/2023) malam dan Kamis (9/03/2023) siang, panitia telah merampungkan rundown acara, durasi waktu, lay out tenant, susunan acara serta konektivitas dan sinkronisasi dengan peringatan HKN 2023 yang dipusatkan di Jakarta.

‘’Kita menyepakati kegiatan dilaksanakan hingga pukul 17.00 atau pukul 5 sore pada Sabtu, 11 Maret 2023. Kegiatan sehari tapi waktunya fullday,’’ kata Ketua Panitia, Andi Dedy, di Sekretariat IKA UNHAS, Kamis (9/03/2023).

Menurut ketua panitia yang juga pengurus DEKOPI, pada prinsifnya materi acara tidak banyak berubah, meski lokasi dipindah dari Toraja ke Makassar. ‘’Kami siap melaksanakan HKN dan sejumlah kegiatan telah disinkronkan dengan pihak Pemprov Sulsel,’’ kata Dedy.

Peringatan HKN 2023 tingkat Sulsel merupakan rangkaian event nasional HKN 2023 yang dipusatkan di Jakarta. DEKOPI dan Pemprov Sulsel bersama dua provinsi lainnya; Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Barat ditunjuk sebagai pelaksana lokal di masing-masing provinsi.

Panitia HKN 2023 rapat hingga larut di Sekretariat IKA UNHAS, Rabu (8/03/2023). Foto Misda

Rapat pemantapan dua hari terakhir, kata Dedy membicarakan berbagai hal secara detail agar pada hari H seluruh proses kegiatan lancar. ‘’Siang ini kami sudah rapat dengan biro umum. Insya Allah akan berjalan sesuai harapan,’’ kata Dedy, didampingi Sekdis Perdagangan Indrajaya S.

Di Makassar, lanjut Dedy, peringatan HKN 2023 ditandai dengan launching Kopi Andalan dan Kopi Hasanuddin, penyerahan serifikat SNI dari Disperindag kepada tiga pelaku UMKM Kopi, aktraksi Barista, lomba foto, literasi kopi dan Sruput Kopi Bareng.

‘’Kami menyediakan sekira 200-an stand atau tenant yang menyiapkan kopi gratis,’’ kata Dedy.

Adapun pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kopi yang akan menerima sertifikat SNI adalah 1. Kopi Para Raja (Makassar), 2. Forest Coffe (Pinrang), dan 3. Kopi Petani Toraja (Kopinta).

Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional. SNI dirumuskan oleh panitia teknis dan ditetapkan oleh Badan Standar Nasional (BSN).

 

LAUNCHING KOPI ANDALAN DAN KOPI HASANUDDIN
Kopi Andalan dan kopi Hasanuddin yang akan dilaunching merupakan brand dari Kodam XIV Haanuddin dan kopi Andalan dari Pemprov Sulsel.

Kedua branding yang siap diluncurkan merupakan kopi khusus yang berbahan baku dari pertanaman kopi berkualitas. ‘’Untuk kopi Andalan, sementara dalam proses kurasi. Kami memilih yang terbaik untuk dijadikan kopi Andalan,’’ kata Dedy.

Kurasi produk bisnis UMKM Kopi adalah penyeleksian terhadap produk yang telah terdaftar sebelum produk tersebut dapat diekspor atau dinaikkan kelasnya. ‘Proses kurasi inilah yang memastikan kualitas kopi Andalan,’’ kata Dedy.

Kegiatan yang melibatkan stake holder perkopian Sulsel, UMKM, pelajar, barista dan masyarakat luas ini diperkirakan akan diikuti dan diramaikan ribuan penikmat kopi, baik yang ikut langsung di lokasi maupun yang sedang nongkrong di warkop-warkop dan kafe di Makassar.

Puncak peringatan HKN 2023 dipusatkan di Gedung IDFOOD RNI Jl. Denpasar Raya yang ditandai dengan Sruput Bareng Kopi dipimpin Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta dan Menteri Pertanian di Makassar.

Penikmat kopi, kata Dedy akan minum kopi serentak dengan Menteri BUMN, Erick Thohir, di Jakarta, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar. Sruput Kopi Bareng ini menandai puncak Peringatan Hari Kopi Nasional 2023.

Dalam rundown, Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman akan ikut menyeruput kopi didampingi pengurus IKA UNHAS dan menyampaikan testimoni.

Secara teknis, lanjut Dedy, puncak peringatan HKN 2023 dipusatkan di Gedung IDFOOD RNI Jl. Denpasar Raya yang ditandai dengan Sruput Bareng Kopi dipimpin Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta dan Menteri Pertanian di Makassar.

Pada saat upacara peringatan Hari Kopi Nasional, semua event HKN baik di Jakarta maupun di provinsi akan terhubung melalui link zoom secara live.

Sinkronisasi kegiatan di pusat dan di daerah inilah yang terus dikoordinasikan melalui rapat-rapat panitia yang intensif dua hari terakhir.

Rapat gabungan Pemprov Sulsel, DEKOPI dan IKA UNHAS dua hari terakhir dihadiri oleh Ketua Panitia, Andi Dedy sekaligus mewakili DEKOPI, Sekdis Indrajaya, Fitra, Novita Hardiyanti, Purwaningsih Nur, Nurhalisa, Zapri (keempatnya dari Biro Umum).

Dari IKA UNHAS hadir Direktur Eksekutif, Salahuddin Alam, Direktur AAS Foundation, Rezki Mulyadi, Ketua Bidang Infokom Suwardi Thahir, Suharman dan Muh. Ruslan. (este)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *