Andi Amran Sulaiman Lepas Tiga UMKM Binaan IKA UNHAS-AAS Foundation ke Kairo

Berita1084 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Andi Amran Sulaiman melepas keberangkatan UMKM Sulsel binaan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin menuju Kairo, Mesir dalam rangka menghadiri pameran dagang Supermarket Expo 2023

Tak hanya melepas, Ketua Umum IKA UNHAS yang juga owner Tiran Group memberi bantuan dana kepada pelaku UMKM itu untuk berpartisipasi di kegiatan internasional.

Pelepasan secara simbolis berlangsung di AAS Building, Makassar, Jumat (10/3/2023).

Pameran dagang Supermarket Expo ke-8 tahun 2023 ferlngsubg 15 hingga 21 Maret, diikuti berbagai negara.

Foto bersama pelaku UMKM, Ketua Umum IKA UNHAS Andi Amran Sulaiman dan Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Brigjen TNI (Mar) Amir Kasman, S.E., M.M. Foto: Bau Irfan/kabarika

Ketiga Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan IKA UNHAS dijadwalkan berangkat ke Mesir Sabtu (11/3/2023).

Seperti diketahui, IKA UNHAS dan AAS Foundation telah melakukan kegiatan Business Matching, Sabtu (28/01/23) dan Sabtu (4/02/2023)) di AAS Building, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

300-an pelaku bisnis UMKM mengikuti kegiatan ini dengan tujuan meningkatkan pendapatan UMKM secara eksponensial.

Asriyhani, direktur CV Coconut International Indonesia (CII) mengatakan ada empat UMKM asal Makassar yang diundang oleh atase perdagangan KBRI Kairo untuk mengikuti pameran dagang Supermarket Expo di Kairo.

Dua UMKM lainnya yang menjadi peserta Business Matching dan Temu Bisnis UMKM yang diudang mengikuti pameran dagang Supermarket Expo pada 15-21 Maret 2023 di Kairo, adalah CV Morisama Sejahtera Indonesia 12 dan CV Luhur Abadi.

Dengan demikian tiga UMKM binaan IKA UNHAS dan AAS Foundation akan berangkat ke Kairo, Mesir.

Menurut Asriyhani, kegiatan business matching IKA UNHAS dan AAS Foundation yang diikutinya, sangat berguna dalam mengembangkan usahanya.

“Dengan adanya business matching kemarin, kami mendapatkan ilmu baru dari pemateri-pemateri luar biasa, yang sangat berguna dalam pengembangan usaha kami,” kata Asriyhani.

Andi Amran Sulaiman mengaku bangga dan bersyukur UMKM Sulsel mampu menembus pasar dunia.

Ia mengungkap rumus mudah agar pelaku UMKM bisa naik kelas dan tumbuh eksponensial.

Dengan kemauan kuat, UMKM juga punya daya untuk unjuk gigi di pasar dunia, memasarkan produk mereka dan dikenal di kancah internasional.

Mantan menteri pertanian RI itu berprinsip sukses dan menjadi kaya semudah membalikkan telapak tangan. Tidak sulit.

Bukan justru sebaliknya seperti yang diungkapkan orang lain bahwa sukses tidak segampang membalikkan telapak tangan.

“Sederhana rumusnya. Jujur, konsisten, ubah pola pikir. Kalau yang dipikirkan gosip, tindakannya pun menghasilkan gosip,” kata Amran.

Founder Tiran Group itu berpesan kepada para pelaku UMKM untuk menjadikan pengalaman, penghinaan, penolakan, serta cacian sebagai guru untuk melesat tajam hingga titik tertinggi.

“Guru terbaik adalah yang menghinamu, yang menolakmu karena itu akan membentuk mental kuat. Yang membuat sukses adalah karakter,” kata Amran. (*/este)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *