Gubernur Sulsel Andi Sudirman: Harga Bahan Pokok Ada yang Naik, Tapi Tetap Stabil

Hasil Pemantauan Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Pasar Terong, Makaasr

Berita750 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman turun langsung ke pasar Terong memantau harga dan ketersediaan stok bahan pokok di Makassar, Jumat (24/03/2023).

Dari pantauan harga dan stok di pasar tradisional terbesar di Sulsel ini, ditemukan variasi kenaikan harga yang masih stabil.

“Sore ini, kita melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pokok di Pasar Terong Makassar. Dari pantauan di Pasar tradisional ini, harga ada yang mengalami kenaikan namun masih relatif stabil. Stok bahan pokok kita juga aman,” ungkap Gubernur Sudirman.

Adaoun harga sembako di yang dipantau di antaranya harga bawang merah 35 ribu/kg; minyak kemasan Rp 22 ribu/liter; minyak curah Rp 13.300/kg; cabai Rp 50 ribu/kg; dan ayam Rp 60 ribu/ekor.

Untuk menjaga stabilitas pasokan, Pemprov Sulsel bersama Kabupaten/Kota terus berkoordinasi mengenai harga dan ketersediaan stok bahan pokok.

Andi Sudirman Sulaiman juga mengaku salah satu langkah untuk menekan kenaikan harga, apa bila sudah melampaui batas adalah dengan operasi pasar.

“Pemerintah terus memastikan ketersediaan stok dan harga di bulan Ramadhan ini. Jika harga menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan, maka akan dilakukan operasi pasar,” jelasnya.

Untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan, Pemprov Sulsel melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan gudang distributor, pasar tradisional, pasar ritel modern, serta produsen.

“Kita menghimbau masyarakat untuk bijak dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan,” Gubernur termuda Sulsel ini.

Pada pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pokok di pasar tradisional, turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana; Forkopimda Sulsel; serta para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

Di kota Makassar terdapat beberapa pasar tradisional selain pasar Terong, di antaranya pasar Kalimbu, pasar Cidu, pasar Pannampu, pasar Sambujawa, Pasar Todddopuli, pasar Butung, pasar BTP, pasar Tammaun-maun, dan Maccini. (*/este)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.