Andi Amran Sulaiman Beri Inspirasi Berwirausaha 2.000 Mahasiswa Unhas Dalam Inspiring Lecture

Berita549 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Dr. Ir. A. Amran Sulaiman MP memberi inspirasi berwirausaha 2.000-an mahasiswa Unhas dalam kegiatan Inspiring Lecture, di Baruga A. Pangerag Pettarani, Kampus Unhas, Makassar, Jumat (5/4/2023).

Inspiring Lecture merupakan rangkaian kegiatan Unhas Entrepreneur Camp (UEC) dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

PMW diselenggarakan Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir.

Kepada mahasiswa yang memenuhi Baruga A.Pettarani, A. Amran Sulaiman memotivasi dan memberikan pesan-pesan penting berkaitan kewirausahaan, penguatan karakter dan sikap mental.

Menteri Pertanian RI periode 2014 – 2019 itu menekankan bahwa modal utama kesuksesan bukan uang, tetapi yang terpenting adalah kemauan keras dan karakter yang kuat.

“Sukses hadir dari kemauan yang keras dan karakter yang bagus, itu yang akan mencetak uang. Jadi karakter, mimpi besar, ubah mindset, action, lalu konsisten,” tegasnya.

Suasana Inspring Lecture bersama Andi Amran Sulaiman di Baruga A. Pettarani, Unhas, Jumat (5/5/2023). Foto: este/kabarika

Founder Tiran Group ini juga menceritakan perjuangannya yang tidak mudah saat menjadi mahasiswa dan merintis usaha.

Mahasiswa yang hadir tampak tertegun dan fokus mendengar Amran Sulaiman menceritakan pengalaman dan perjuangan sebelum sukses. Berkali-kali mahasiswa mengapresiasi pemaparan Amran dengan bertepuk tangan.

“Kami dulu jual ikan, jual beras dan bahkan tidur di masjid. Kalau mau sukses hari ini, harus berkeringat dulu, kalau mau gagal silakan hura-hura,” tandasnya.

Selain tekad yang kuat dan kejujuran dalam berwirausaha, Amran Sulaiman juga menekankan bahwa jangan menjadi manusia yang biasa-biasa saja.

“Harus selalu berpikir out of the box,” kata Amran.

Para peserta Lecture Inspring yang terdiri dosen pembimbing dan mahasiswa di Baruga A. Pettarani Kampus Unhas, Jumat (5/5/2023).Foto: este/kabarika

Di samping memberikan inspirasi melalui pengalaman hidupnya, alumni Fakultas Pertanian Unhas ini juga berinteraksi langsung dengan sejumlah mahasiswa yang sudah memulai bisnis di bangku kuliah.

Amran yang disebut-sebut banyak pihak sebagai the next JK menyampaikan bahwa dirinya bersedia menjadi mentor dan membuka ruang diskusi kepada mahasiswa Unhas yang ingin serius berwirausaha.

“Seratus atau dua ratus mahasiswa yang serius, saya menyediakan ruang diskusi gratis di AAS Building. Saya ingin ada pengusaha sukses yang lahir di Indonesia Timur,” ujarnya.

Turut membersamai Ketua Umum IKA Unhas pada Inspribg Lecture antara lain, Sekjen Yusran Jusuf, Direktur Eksekutif Salahuddin Alam, Bachrianto Bahtiar, Andi Amri, Ilham Rasyid, Suwardi Thahir, Suharman, Sudirman Numba, Kahar Gani, M. Ruslan, Fitra, Rezky Mulyadi dan Ichi Indrawan.

SEKRETARIS DUBES
Pada kesempatan ini juga hadir alumni Unhas, Andi Zulkarnain yang merupakan Sekretaris Duta Besar Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan.

Alumni Fakultas Ekonomi ini berbagi hal-hal menarik dan pengalamannya sejak menjadi mahasiswa hingga bekerja di kedutaan. Ia juga menyampaikan peluang-peluang kerja sama di Kazakhstan dan Tajikistan.

Dosen pembimbing dan pengurus pusat IKA Unhas di Baruga A.Pettarani Unhas Jumat (5/5/2023). Foto: este/kabarika

DIBUKA WAKIL REKTOR

Kegiatan yang menarik dan diikuti banyak mahasiswa inj resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg. muhammad Ruslin M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K).

Dalam sambutannya, Prof. Ruslin menyampaikan bahwa saat ini ada 2.045 mahasiswa dan 155 dosen Unhas yang terlibat dalam PMW. Ia juga memaparkan bahwa sosok Amran Sulaiman merupakan salah satu alumni Unhas yang sangat menginspirasi.

“Beliau pengusaha sukses dengan perusahaan Tiran Group, semoga kehadirannya dapat menginspirasi kita semua, khususnya menginspirasi mahasiswa yang hadir,” ujar Prof. Ruslin. (***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *